Loading...
10 views

Harga Ayam Meroket

Wartaniaga.com, Banjarmasin- Sudah menjadi kebiasan jika menjelang Ramadhan hampir dipastikan semua kebutuhan pokok akan mengalami kenaikan harga. Begitu juga daging ayam harganya meroket hingga mencapai Rp. 10.000,- per ekor. Pemantauan wartaniaga.com dibeberapa pasar sehari memasuki puasa Ramadhan di Banjarmasin memastikan komuditas yang satu ini meningkat tajam.

Somad, salah seorang pedangan ayam di pasar Gang Amal Kasawan Belitung Darat, Banjarmasin mengungkapkan kenaikan harga ini sudah dari penyalur.

“Kenaikan harga ini sudah dari para penyalur yang membawa ayam dari Pelaihari dan Banjarbaru, ayam kecil yang dulunya harga 25 ribu sekarang jadi antara 30 – 35 ribu, ukuran sedang dari 30 menjadi 40 rb, sedangkan ayam ukuran besar mencapai 45-50 ribu” ujarnya
Menurutnya, kenaikan ini sudah menjadi kebiasaan bukan karena faktor kenaikan harga pakan ternak atau kondisi alam.

BACA JUGA:  Positif, 1 April Jembatan Alalak Ditutup Total

“Hampir setiap tahun seperti ini, kami sebagai pedagang tidak bisa berbuat apa-apa, mereka selalu menaikan harga terpaksa kami juga ikut naik ” katanya.

Tidak berbeda dengan Somad, Noerjanah yang setiap hari berjualan di Pasar Binjai, Pekapuran ini mengeluhkan hal yang sama. Kenaikan harga ini bukan berasal dari penjual, tetapi berasal dari suplayer dan peternak.

“Saya beli harganya sudah naik, modal 1 juta biasanya biasa dapat sampai 50 ekor sekarang sudah tidak bisa lagi, modal yang diperlukan harus 2 kali lipat” tuturnya.

Melihat keadaan ini dirinya tidak berani menjual terlalu banyak. “ Saya tidak berani menjual banyak, biasanya saya menyediakan 100-150 ekor, sekarang cukup 80 ekor saja” ujarnya seraya menambahkan kenaikan ayam tahun ini hampir mencapai 10 ribu per ekor.( Reporter/Editor: Edi Koesmono)

BACA JUGA:  Mendekati Bulan Puasa, Harga Bawang Naik 50 persen
Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *