Birhasani : Pelaku UMKM Sudah Saatnya Memanfaatkan Pasar Online

  • Whatsapp

Wartaniaga.com, Banjarmasin – Dinas Perdagangan Provinsi Kalimantan Selatan bekerjasama dengan Direktorat Penggunaan dan Pemasaran Produk Dalam Negeri Dirjen Perdagangan Dalam Negeri Kemendag RI melaksanakan Webinar Kemitraan Usaha UMKM dengan platform Marketplace Shopee.

Adapun peserta yang terdaftar 206 UMKM dari perwakilan 13 Kabupaten/Kota se Kalimantan Selatan dengan kelas khusus UMKM Kalimantan Selatan pada Kamis 29 Juli 2021.

Kegiatan ini dimaksudkan untuk memberikan akses pasar bagi produk UMKM melalui penjualan secara online berbasis tekhnologi digital bermitra dengan salah satu market online yaitu Shopee marketplace.
Leo Kevin perwakilan market place shopee membekali para pelaku UMKM Kalsel tentang pentingnya mengelola branding agar tampil menarik dalam promosi dan penjualan secara online.

BACA JUGA:  Abdul Hadi-Supiani Meminta KADIN Berperan Dalam Upaya Peningkatan Ekonomi

“Secara tekhnis pemanfaaatan marketplace dan pengetahuan tentang penggunaan pasar online ini sangat bermanfaat bagi pelaku usaha dalam memperluas jangkauan pasar serta meningkatkan kualitas produknya,”paparnya.

Sementara itu, Drs H Birhasani Msi Kepala Dinas Perdagangan Provinsi Kalimantan Selatan untuk memanfaatkan sebaik-baiknya pasar online ini. Selain modalnya lebih murah karena tidak perlu sewa toko seperti offline, bahkan bisa menjangkau seluruh pelosok bukan saja nasional bahkan internasional.

“Pelaku UMKM sudah saatnya memanfaatkan pasar online, bukan saja disaat pandemi sekarang tetapi bahkan sampai pandemi berakhirpun eksistansinya justru semakin diperlukan seiring dengan kemajuan tekhnologi dan informasi sekarang,”ujarnya.

Birhasani menambahkan bahwa pemanfaatan tekhnologi digital terkhusus pasar online ini harus dikuasai oleh pelaku UMKM, selain tidak memerlukan waktu khusus bisa juga dijadikan usaha sampingan para ibu-ibu rumah tangga. Namun menurutnya, diperlukan keuletan, skill yang baik dalam penguasaan tekhnologi informasi saat ini.

BACA JUGA:  2.240 Tabung LPG Disalurkan ke Terdampak Banjir di Satui

“Kejujuran dan keuletan serta komitmen untuk menjamin kualitas produk yang dipasarkan akan menghasilkan kepercayaan pasar juga meningkatkan ekonomi keluarga bahkan secara keseluruhan perkonomian nasional,”pungkasnya.

Editor : Edi Dharmawan

L

Pos terkait