DKP3 Banjarbaru Ingatkan Pentingnya Pola Pangan Harapan

Kepala DKP3 Kota Banjarbaru Abu Yajid Bustami saat memberikan pengarahan (Foto: MedCenBjb)

Wartaniaga.com, Banjarbaru – Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3) Kota Banjarbaru melaksanakan Ekspos Finalisasi Pola Pangan Harapan, di Kampung Lauk, Kamis (07/12).

Kepala DKP3 Kota Banjarbaru, Abu Yajid Bustami, menyampaikan pentingnya finalisasi pola pangan harapan sebagai langkah strategis menuju ketahanan pangan yang berkelanjutan.

Ia menjelaskan bahwa dengan melibatkan semua pihak dalam proses perencanaan ini adalah kunci keberhasilan, sehingga implementasi kebijakan dapat berjalan efektif.

“Pola pangan harapan ini suatu ukuran, bagi masyarakat kita, terhadap tingkat konsumsi atau ketersediaan pangan yang ada di kota Banjarbaru,” kata Abu Yajid.

Perlu dilakukan perhitungan lanjutnya, terhadap pola pangan harapan ini. Karena semakin tinggi nilainya, semakin tinggi tingkat ketersediaan dan konsumsi keberagaman pangan, gizi masyarakat juga harus terpenuhi.

“Apabila terpenuhi gizi masyarakat yang lebih baik, maka akan meningkat Sumber Daya Manusia yang baik, dan juga menurunnya angka stunting,” tambahnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Ketahanan Pangan DKP3 Kota Banjarbaru, Wiwien Robiaty, mengungkapkan, salah satu aspek penting dari pola pangan harapan ini adalah diversifikasi sumber pangan. DKP3 telah mendorong petani untuk beralih ke pertanian organik dan sistem pertanian terpadu.

“Hal ini diharapkan dapat mengurangi ketergantungan pada bahan pangan tertentu dan meningkatkan ketahanan terhadap perubahan iklim,” tutupnya.

Editor : Eddy Dharmawan

Pos terkait

banner 468x60