UMKM, Pertanian dan Wisata Potensi PAD Hulu Sungai Utara

H.Hormansyah Sekretaris DPW PKB Kalsel (Foto:Antara)

Wartaniaga.com, Banjarmasin- Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) merupakan salah satu wilayah di Provinisi Kalimantan Selatan (Kalsel)  yang kaya akan berbagai potensi alam. Namun demikian, daerah  ini masih berada dalam kategori kabupaten tertinggal jika dibandingkan dengan kabupaten lainnya di provinsi ini.

Menanggapi hal tersebut, salah satu tokoh di kabupaten ini, H.Hormansyah menilai perlu keseriusan pemerintah dalam mengelola sumber daya yang ada di daerah tersebut.

Menurutnya, semenjak berpisah dengan kabupaten Balangan, HSU memang tidak banyak lagi memiliki potensi di sektor tambang tetapi sektor UMKM, Pertanian, Perikanan dan Wisata masih menjadi potensi yang dapat dimaksimalkan untuk PAD dan kesejahteraan masyarakat.

“ Kehadiran pemerintah dalam sektor UMKM sangat diperlukan dalam upaya meningkatkan kapasitas mereka, meningkatkan kemampuan penjualannya  yang pada  akhirnya akan meningkatkan kesejahteraan pelaku UMKM,” ujar anggota DPRD Kalsel ini.

Dikatakannya, sejak dulu kerajinan anyaman dari pelaku UMKM HSU sangat terkenal dan mampu  mendominasi pasar di berbagai wilayah di Kalsel, Kalteng dan Kaltim. Mereka mampu membuat anyaman purun hingga eceng gondok menjadi  berbagai produk.

Untuk itu, ditambahkannya peningkatan SDM pelaku UMKM di kabupaten ini sangat diperlukan agar mampu menciptakan produk-produk yang berdaya saing  nasional bahkan internasional. Ia yakin dengan adanya peningkatan kapasitas ini mampu membawa kesejahteraan bagi pelaku UMKM di daerah ini.

Selain itu, sektor pertanian,  perikanan dan wisata juga memiliki potensi yang cukup bagus untuk meningkatkan PAD daerah. Ketiga sektor ini juga tak kalah pentingnya harus mendapat perhatian dari pemerintah agar dapat dimaksimalkan.

Dirinya menilai, sektor pertanian dan perikanan harus mampu menjadi salah satu penopang ketika IKN sudah hadir di Kalimantan. “ Kehadiran IKN pasti akan memerlukan banyak kebutuhan pangan, ini menjadi peluang dan tantangan kabupaten untuk menjadi salah satu daerah penopang kebutuhan itu,” papar Sekretaris DPW PKB Kalsel ini.

Sementara itu, wisata Kerbau Rawa, Candi Agung, Pasar Kerajinan, wisata sungai dan lainnya juga menjadi potensi besar untuk meraup PAD. Terbukti banyak daerah di Indonesia yang mampu mendapatkan PAD dari sektor wisata.

“ Wisata yang ada di daerah ini memiliki nilai jual dan tidak ditemukan di daerah lain seperti kerbau rawa, jadi dukungan pemerintah secara maksimal  untuk sektor wisata sangat diperlukan,” ucap Ketua Fraksi PKB DPRD Kalsel ini.

Hormansyah yakin sektor-sektor potensial yang dimiliki kabupaten HSU jika dikelola secara baik dan maksimal oleh pemerintah daerah akan memapu menghasilkan PAD  dan mampu membawa kesejahteraan bagi masyarakatnya.

Editor : Didin

 

 

Pos terkait

banner 468x60