Warga Gadang Keluhkan TPS Berdekatan dengan Sekolah

Ia menuturkan, sebelumnya Walikota Banjarmasin dan Wakil Walikota pernah datang ke Kampung Gadang. Kondisi itu dijadikan warga untuk menyampaikan keluhan tersebut. Saat itu dijanjikan akan dicarikan lokasi baru untuk penampungan sampah, namun hingga hari ini realisasinya masih dipertanyakan.

“Kalau alasannya tidak ada anggaran untuk beli tanah itu ditolak akal. Bikin film dengan Rp 6 milyar saja bisa, masa ini yang hajat masyarakat banyak tidak ada anggaran,” ujarnya ketus.

Bacaan Lainnya
banner 300x250

Disisi lain, salah seorang pengajar di salah satu sekolah yang ada di kawasan tersebut pun menyampaikan, bau menyengat yang ditinggalkan sangat menggangu proses belajar mengajar. Apalagi jika musim hujan baunya akan lebih menyengat.

Pihaknya sudah beberapa kali menyampaikan kondisi itu kepada pihak terkait, tapi hingga hari ini belum ada langkah konkret.

Sementara itu, Kepala Bidang Kebersihan dan Pengelolaan Sampah Dinas Lingkungan Hidup Kota Banjarmasin, Marzuki saat dihubungi mengatakan sudah mendengar hal itu.

Ia memaklumi jika warga terganggu dengan bau menyengat yang ditinggalkan bekas sampah tersebut. Apalagi ujarnya sampah di sana memang kerap over kapasitas dikarenakan beberapa kelurahan sekitar, seperti Kuripan, Seberang Masjid, Melayu dan Sungai Bilu turut membuang sampah disitu. Hal itu terjadi karena ditutupnya sejumlah TPS.

“Untuk jangka pendek akan kita sosialisasikan kepada kelurahan lain agar tidak membuang sampah di sana karena akan kita jalankan surung sintak di lokasi yang kita tentukan,” ujarnya.

Sedangkan untuk masalah lahan, pihaknya masih mencari lokasi yang tepat. Karena tidak mudah mencari lokasi yang bisa dijadikan tempat pembuangan sampah.

Memang sejauh ini sudah ada yang menawarkan lahan, tapi pihaknya tidak mengetahui apakah warga di lingkungan itu setuju.

“Sudah dua tahun ini kita cari lahan. Tapi tidak semudah itu, karena lahan yang baru juga belum tentu warganya setuju. Selain itu masih ada proses-proses lain,” pungkasnya.

Editor: Aditya

Pos terkait

banner 468x60