Babak Baru Sidang Pembuktian SHP Terbitan BPN Balangan

  • Whatsapp
Suasana sidang saat Nico Seniar menyampaikan kesaksiannnya.

Wartaniaga.com, Banjarmasin- Sidang lanjutan pembuktian Sertifikat Hak Pakai ( SHP) atas nama PT Paramitha Cipta Sarana (PCS) di Pengadilan Tata Usaha Negara ( PTUN) Banjarmasin memasuki babak baru.

Kali ini pihak tergugat, Badan Pertanahan Nasional ( BPN) Balangan menghadirkan 2 orang saksi masing -masing dari PT PCS dan Kanwil BPN Kalimanatan Selatan.

Selection Head Plant Management PT PCS, Nico Seniar sebagai saksi pertama dalam keterangnya mengungkapkan tanah yang menjadi objek sengketa sudah dikuasi perusahaan sejak 2011 yang lalu.

” Perusahaan telah menguasai tanah tersebut sejak 2011, kemudian 2017 digunakan untuk jalan perusahaan dan baru 2019 kami mendapatkan SHP dari BPN Balangan dengan nomor 00012,” jelasnya, Kamis (11/8).

BACA JUGA:  IBI Cabang Kotabaru Ranting RS Jaya Sumitra Berbagi Sembako

Namun, Ia mengatakan pada 2019 mendapatkan komplain atas tanah tersebut dari H Edward Manurung. Dan atas atas komplain itu pihak perusahaan mempersilahkan Edward Manurung menempuh jalur hukum.

Sementara itu, saksi dari Kanwil BPN Kalsel, Edy Sukoco ST, MT mengaku pada 2017 mendapat tugas mengkukur tanah yang menjadi sengketa.

Meski demikian, Edy mengungkap saat pengukuran tidak disaksikan oleh aparat desa.

” Pada saat pengukuran itu memang tidak dihadiri, Kepada Desa atau Pembakal, Ketua RT dan pemilik tanah samping kiri kanan,” terangnya.

Menurutnya, pengukuran tersebut sudah sesuai prosedur karena pihaknya membawa surat tugas dan titik kordinat dari penohon.

L

Pos terkait