FGD Polda Kalsel : Peran Media dalam Pemilu Sangat Penting

  • Whatsapp
Kabid Humas Polda Kalsel, AKBP Mochamad Rifai

Wartaniaga.com, Banjarmasin- Kepolisian Daerah (Polda) Kalsel menilai peran media pada Pemilu 2024 mendatang sangat penting. Hal ini teringkap saat Focus Group Discussion (FGD) bersama para media yang tergabung dalam Organisasi JMSI Kalsel dan KPID Kalsel, di salah satu hotel di Banjarmasin, Kamis, (9/06/22).

Kegiatan digelar dalam rangka mengoptimalisasikan peran media dalam mensukseskan pemilu dan pilkada tahun 2024 yang aman dan kondusif di provinsi Kalimantan Selatan.

“Peran media dalam mewujudkan pemilu dan pilkada tahun 2024 yang aman dan kondusif adalah sangat penting. Media itu harus mengetahui aturan hukumnya yaitu UU Pers, di mana UU menyebutkan media harus berbadan hukum (PT) dan harus mematuhi aturan main,” ujar Kabid Humas Polda Kalsel Kombes Pol Mochamad Rifai, S.I.K.di hadapan para media.

BACA JUGA:  Peringati Hari Ibu, KATAMAMA Bersama RT RT di Dukung DLH Lakukan Bersih Bersih Lingkungan

Rifai sapaan akrab Kabid Humas Polda Kalsel ini, juga menyampaikan dalam menanggapi arus informasi di media sosial, adalah dengan pengawasan dari kita sendiri dalam menangkal hoax atau berita bohong.

Sedangkan mengenai tindak lanjut dari laporan masyarakat mengenai tindak pidana pemilu, menurut Rifai, pada tahun 2021 lalu, ada mengalami peningkatan.

Ia menjelaskan pengalamannya sewaktu bertugas di Kabupaten Barito Kuala (Batola), kasus yang sering terjadi adalah black campaign (kampanye hitam), di mana salah satu pihak memainkan propaganda yang negatif terhadap rivalnya.

Ketua KPID Kalsel, Azhari Fadli, mengatakan, media dalam menyambut pemilihan serentak tahun 2024 adalah sebagai juru damai,” katanya.

Pos terkait