Husairi Abdi Sampaikan 4 Raperda ke DPRD HSU

  • Whatsapp

Wartaniaga.com, Amuntai- Mengawali Rapat Paripurna DPRD di tahun 2022 di ruang Rapat Paripurna DPRD Kab.HSU, Plt Bupati Hulu Sungai Utara (HSU) H.Husairi Abdi,Lc menyampaikan 4 buah Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) sebagai Prakarsa DPRD Kabupaten HSU.

Adapun empat raperda tersebut adalah Raperda tentang Desa Wisata, Raperda tentang Fasilitasi Penyelenggaraan Pesantren, Raperda tentang Penyelenggaraan Pelayanan Publik dan Raperda tentang Pembinaan Lembaga Keagamaan.

Husairi menyampaikan Raperda mengenai Fasilitasi Penyelenggaraan Pesantren, ini dilakukan untuk memberikan keadilan,kemanfaatan, dan kepastian hukum dalam rangka mendukung pelaksanaan fungsi Pesantren secara optimal di HSU.

“Fungsi Pesantren adalah disamping untuk mencerdaskan kehidupan bangsa,meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, juga diharapkan mampu membentuk masyarakat untuk siap menghadapi tantangan dan dinamika perkembangan zaman,” ujarnya, Senin (10/1).

BACA JUGA:  Kodim 1001/ HSU-BLG Dukung Sukseskan Program 1 juta Vaksin

Dalam hal yang sama disampaikan pula Raperda tentang Penyelenggaraan Pelayanan Publik, bahwa Pelayanan Publik akan dikatakan baik,apabila pelayanan yang diberikan memenuhi asas kepentingan umum,kepastian hukum,kesamaan hak,keseimbangan,persamaan perlakuan atau tidak diskriminatif,transparan dan akuntabilitas,serta menyediakan layanan berupa perlakuan khusus bagi kelompok yang rentan.

“ Karena penyelenggaraan pelayanan publik yang efektif dan efesien merupakan aalah satu tugas yang diamanahkan oleh Pemerintah Pusat, maka tentu kami menyambut baik terbentuknya Raperda ini,” ucap Husairi.

Sebelum mengakhir penyampaiannya Husairi menyampaikan Raperda tentang Pembinaan Lembaga Keagamaan, bahwa secara substansi Raperda ini bertujuan antara lain untuk mewujudkan masyarakat Hulu Sungai Utara yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa,memelihara ketentraman dan ketertiban masyatakat serta kerukunan umat beragama di Daerah serta menunjang penyelenggaraan kesejahteraan sosial.

BACA JUGA:  TP PKK HSU Kedatangan Tim Penilai Kesrak Pemberdayaan Keluarga

Memperhatikan maksud dan tujuan dibentuknya Rancangan Peraturan Daerah ini,menurut Husairi kami selaku Pemerintah Daerah mendukung dan mengapresiasi diusulkannya 4 (empat) buah Rancangan Peraturan Daerah ini.

 

Reporter : Darma Setiawan
Editor : Aditya

L

Pos terkait