Kepala Dinas PUPR Kabupaten Banjar Ingatkan Warga Pelihara Kebersihan Sungai di Tepi Jalan A Yani

  • Whatsapp
Ahmad Solhan

Wartaniaga.com, Martapura – Akibat Banjir yang melanda Kabupaten Banjar beberapa bulan yang lalu, banyak warga meminta normalisasi sungai yang ada disepanjang jalan A Yani dari km 6 sampai dengan km 17.

Kemudian dari pemerintah Kabupaten Banjar dalam hal ini melimpahkan kedinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) untuk segera mengatasi permasalahan tersebut.

Dan dari Dinas PUPR bekerjasama dengan TNI dalam pelaksanaan normalisasi sungai disepanjang jalan A yani tersebut. Sedangkan untuk peralatan dibantu oleh Balai Wilayah Sungai (BWS) Kab Banjar.

Banjir beberapa bulan disebabkan meluapnya sungai Martapura akibat curah hujan yang intensif di daerah hulu sungai, kemudian disambut dengan pasang air laut. Sehingga air sungai yang seharusnya mengalir ke hilir tertahan, akibatnya air menggenangi kawasan perumahan masyarakat.

BACA JUGA:  Begini Cara Penyuluh Pertanian di Tala Meningkatkan Wawasan

“Akibat banjir ini, kerusakan jalan untuk di daerah Matraman saja diperkirakan 53M yang sudah di inventarisir, belum lagi yang lain,”ujar Kepala Dinas PUPR Kabupaten Banjar Ahmad Solhan di ruang kerjanya kepada wartaniaga.

Dia menambahkan bahwa, untuk normalisasi sungai yang ada disepanjang jalan A Yani dari km 6 sampai km 17 pada awal tahun Dinas PUPR menggelontorkan dana sebesar 200 juta dan di APBD perubahan akan dianggarkan lagi.

Untuk pelaksananya bekerjasama dengan koramil setempat sedangkan alat dipinjami dari BWS. Saat ini pengerjaan sudah berlangsung dimulai dari pembongkaran bangunan yang ada diatasnya kemudian pengerukan sungai menyisir dari km 6 sampai km 17.

“Masyarakat hendaknya menyadari pelaksanaan tersebut agar diwilayah itu terbebas dari banjir, diharapkan dengan program ini masyarakat lebih sadar dan tertib untuk tidak membangun dibantaran sungai tersebut. Hal ini dilakukan untuk kenyamanan kita bersama,”harapnya.

BACA JUGA:  Bupati Tala Dukung Pentas Seni, Ajang Pencarian Bakat

Editor : Eddy Dharmawan

L

Pos terkait