Berkat Program LTSHE, Rumah 130 KK di Desa Rampa Manunggal Terang

  • Whatsapp

Wartaniaga.com, Kotabaru – Warga kecamatan Sampanahan, Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan, akhirnya bisa merasakan penerangan yang lebih maksimal di malam hari, setelah mendapatkan program Lampu Tenaga Surya Hemat Energi (LTSHE) dari Kementerian ESDM yang bekerjasama dengan DPR RI Komisi VII.

Program LTSHE sendiri merupakan program pemerintah melalui Kementerian ESDM untuk memberikan akses penerangan kepada masyarakat yang berada di wilayah 3T (Terpencil, Tertinggal dan Terluar), khususnya masyarakat yang berada di desa yang masih gelap gulita, yang tak pernah memperoleh akses energi listrik.

Anggota DPR RI Komisi VII, Hasnuryadi Sulaiman, mengatakan, program yang dilaksanakan pada tahun 2021 ini diharapkan menjadi salah satu solusi penerangan dan energi listrik yang difokuskan bagi perdesaan yang terisolir dan sulit dijangkau PLN.

BACA JUGA:  Wahid Hadir Pisah Sambut Kapolres HSU

“Sebelumnya, kita sudah berkoordinasi dengan kepala desa dan melakukan survei lokasi rumah warga penerima bantuan LTSHE di Desa Rampa Manunggal,” ujar Hasnur, sapaan akrabnya.

Selama ini, desa dengan jumlah penduduk sebanyak 200 Kepala Keluarga (KK) ini tak terjangkau aliran listrik dari PLN lantaran letaknya yang cukup terpencil.
“Sebanyak 130 KK di Desa Rampa Manunggal telah menerima bantuan lampu tenaga surya hemat energi,” beber salah satu tokoh muda banua ini.

Pos terkait