Bandara Internasional Syamsudin Noor Siapkan Posko Pengendalian Transportasi Udara Jelang Nataru

  • Whatsapp

Wartaniaga.com, Banjarbaru – Manajemen Angkasa Pura I siap gelar Posko Pengendalian Transportasi Udara menjelang Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 di Selasar Exhibition Hall Terminal Kedatangan Bandara Internasional Syamsudin Noor mulai hari ini, Jumat (17/12)

Posko Terpadu Pengendalian Transportasi Udara Nataru ini digelar selama 19 hari terhitung sejak Jumat (17/12) hingga 4 Januari 2022. Posko ini merupakan kolaborasi dari gabungan formasi Manajemen Angkasa Pura I, TNI, Polri, Airlines, Perum LPPNPI (Airnav), BMKG, Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas II Banjarmasin dan komunitas bandara lainnya.

“Kami mendukung dan mengapresiasi sinergi yang terjalin dengan para stakeholder terkait demi usaha mewujudkan keamanan dan kelancaran lalu lintas perjalanan udara melalui Bandara Internasional Syamsudin Noor,” ujar Dony Subardono GM Bandara Internasional Syamsudin Noor dalam keterangan persnya.

BACA JUGA:  Advokat Muda Indonesia Bergerak Sesalkan Sikap Hotman Paris Hutapea

Dia menambahkan bahwa, posko kali ini dibuka dengan sedikit berbeda dibandingkan periode sebelumnya yaitu meniadakan prosesi apel pembukaan, sebagai gantinya kami telah sampaikan surat pemberitahuan kepada stakeholder terkait.

“Posko ini aktif selama jam operasional Bandara yaitu setiap hari mulai pukul 06.00 – 18.00 WITA”, ujarnya.

Pada periode Nataru ini, Manajemen Angkasa Pura I melakukan berbagai persiapan untuk mendukung pelayanan kepada para pengguna jasa mulai dari penerapan protokol kesehatan, fasilitas kebandarudaraan, kesiapan personel operasional, hingga antisipasi keselamatan, keadaan darurat, accident, dan force majeur.

Selama kondisi Pandemi Covid-19, Manajemen Angkasa Pura I melalui Bandara Internasional Syamsudin Noor menerapkan protokol kesehatan di area Bandara.

Hal-hal yang dilakukan antara lain pembersihan fasilitas pelayanan dan keamanan terminal menggunakan disinfectant, penerapan physical distancing di area terminal, penyediaan hand sanitizer, pemberlakuan pengukuran suhu tubuh, penggunaan APD (Alat Pelindung Diri) para personel, dan announcement protokol kesehatan di gedung terminal secara berkala.

BACA JUGA:  PBFI Kalsel Tancap Gas

Di peak season ini, Manajemen Angkasa Pura I pun bersiap dengan potensi peningkatan arus penumpang dengan melakukan contingency plan untuk mengantisipasi permasalahan atau kondisi yang tidak normal.

Pada periode libur akhir tahun ini, diprediksi puncak terjadinya arus keberangkatan pada hari Sabtu (25/12) atau H+2 sebanyak 3.463 penumpang. Sedangkan puncak arus balik diprediksi terjadi pada Senin (27/12) atau H+4 pelaksanaan posko sejumlah 3.136 penumpang.

“Posko Pengendalian Transportasi Udara Nataru ini merupakan salah satu komitmen kami untuk memberikan pelayanan terbaik bagi para pengguna jasa Bandar Udara. Kami juga bersiap dengan seluruh fasilitas dan antisipasi kondisi abnormal yang mungkin terjadi”, Pungkas Dony.

Editor : Eddy Dharmawan

Pos terkait