Pertama di Kalsel, Banjarbaru Sediakan Layanan “Vaksin Keliling Juara”

  • Whatsapp

Wartaniaga.com, Banjarbaru- Ketersediaan stok vaksin yang masih mumpuni menjadi peluang bagi Pemerintah Kota (Pemko) Banjarbaru mempercepat target capaian vaksinasi dengan persentase yang lebih tinggi. Upaya menjaring semakin banyak masyarakat mendapat penyuntikan disiasati dengan diluncurkannya layanan Vaksinasi Keliling Juara.

Gebrakan yang digagas Walikota Banjarbaru, Aditya Mufti Ariffin ini memfokuskan akses kemudahan layanan yang dapat lebih luas menjangkau masyarakat. Layanan vaksinasi keliling juara akan menerapkan sistem jemput bola ke tiap-tiap RT di 20 Kelurahan yang ada di Banjarbaru.

“Sebagaimana target pemerintah pusat, program vaksinasi di tiap daerah minimal 70 persen dari total penduduk. Kita kejar target tersebut dengan menyediakan layanan Vaksin Keliling Juara ini. Jadi layanan ini mekanismenya jemput bola. Datang ke tiap RT,” ucap Walikota Banjarbaru, Rabu (10/11).

BACA JUGA:  SMK Telkom Banjarbaru Salurkan Bantuan ke Daerah yang Sulit di Jangkau

Layanan Vaksin Keliling Juara, menurut Aditya merupakan kebutuhan bagi masyarakat yang memiliki rutinitas cukup padat. Pasalnya meskipun layanan vaksin kini telah tersedia di seluruh fasilitas kesehatan, nyatanya masih ada masyarakat yang mengaku kesulitan datang untuk melaksanakan vaksin di tempat.

“Tidak sedikit masyarakat yang mengaku kesulitan datang ke fasilitas kesehatan untuk melaksanakan vaksin di tempat. Nah sekarang kita fasilitasi. Langsung kita datangi ke lingkungan tempat tinggalnya. Dengan begitu harapannya seluruh masyarakat Banjarbaru sudah resmi terdata mendapatkan vaksin Covid-19,” paparnya.

Pemko Banjarbaru akan mengerahkan armada bus milik Dinas Perhubungan (Dishub) sebagai sarana operasional Layanan Vaksin Keliling Juara. Setidaknya untuk saat ini, ada 3 unit bus yang telah disiapkan dan dimodifikasi untuk mulai beroperasi.

Pos terkait