Disperkim-LH Berharap HSU Segera Miliki Raperda Pengelolaan Limbah Domestik

  • Whatsapp

Wartaniaga.com, Amuntai – Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman dan Lingkungan Hidup (Disperkim LH) kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) terus mendorong pengajuan Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) tentang pengelolaan limbah domestik di HSU.

Sebagai bentuk keseriusan, Disperkim LH HSU menggelar workshop pendampingan penyusunan Raperda, di Gedung Arsip.

Plt Kepala Disperkim LH, Najeriansyah, mengatakan, rancangan sudah memasuki tahapan akhir, hal itu setelah melalui Forum Group Discussion (FGD) pertama dan kedua beberapa waktu lalu, dengan mengundang SKPD terkait, LSM, akedemisi, forum pemerhati lingkungan dan masyarakat dalam rancangan Perda ini.

“Nantinya ini akan kita teruskan ke Bagian Hukum Sekretariat Daerah HSU dan dibahas nanti di DPRD Kabupaten Hulu Sungai Utara, untuk menjadi Peraturan Daerah HSU tentang pengelolaan limbah domestik.” ucap Najeriansyah, Rabu (10/11) petang.

BACA JUGA:  Wabup Husairi : Edukasi Sebelum Terjadi Pernikahan Dini

Tujuan pengajuan Raperda ini, karena di HSU saat ini belum memilki Perda tentang pengelolaan limbah domestik.

Menurutnya, adanya perda tentang pengelolaan air limbah, maka dapat menumbuhkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya kebersihan lingkungan, terutama dalam menjaga pola hidup sehat melalui kedisiplinan tidak buang air limbah sembarangan.

Pos terkait