Baling-Baling Produksi Kasful Tembus Hingga Nigeri dan Colombia

  • Whatsapp

Wartaniaga.com, Kotabaru – Muhammad Kasful Anwar tidak menyangka baling-baling produksinya bisa tembus hingga ke mancanegara. Pria kelahiran 1982 silam, yang tinggal di Desa Tarjun Kecamatan Kelumpang Hilir, Kabupaten Kotabaru, jebolan pondok pesantren Darussalam Martapura ini mampu hasilkan belasan juta rupiah dalam setiap bulan dari hasil kerajinan yang digelutinya yakni kipas atau baling-baling perahu berbahan kuningan.

Bahan baku jadi baling-baling perahu mampu dipasarkan hingga ke mancanegara seperti Nigeria dan Colombia.

Kasful selaku penggagas Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Saranjana Grup yang dibantu salah satu perusahaan pabrikan semen yakni Produsen Semen Tiga Roda PT Indocement Tunggal Prakarsa Tarjun, yang mampu memodifikasi baling-baling untuk keperluan lomba kecepatan perahu dan untuk keperluan sehari-hari dalam mencari tangkapan hasil laut. Bahkan, kipas mobil pun ia modifikasi dengan harga jual yang lumayan.

BACA JUGA:  Mengejutkan, 97 Persen Penjual Makanan di HSU, Balangan dan Tabalong Gunakan Pewarna Tekstil

Dijumpai wartawan di workshop tak jauh dari kediamannya di Desa Tarjun, meskipun dengan tempat sederhana dengan peralatan seadanya dibantu beberapa rekannya. Kini, UMKM nya banjir pemesanan yang bukan hanya dari mancanegara, permintaan dari Sulawesi, Sumatera dan Nusa Tenggara serta pulau Jawa justru meningkat dimasa pandemi Covid-19 sekarang.

“Alhamdulillah, awalnya UMKM Saranjana Grup ini terbentuk ditahun 2020 lalu dan sekarang dalam sebulannya kami mampu menghasilkan sebesar Rp18 juta, dengan hanya belajar secara otodidak dan banyak bertanya kepada teman akhirnya kami mampu membuktikan bahwa kami bisa,” ujar pria yang juga mengajar di salah satu pondok pesantren di desanya.

Sedikit ia menceritakan pengalaman awalnya yang sering dibully oleh teman-temannya yang dinilai tidak akan mampu dan bisa mengerjakan hal itu. Akan tetapi, dengan ketekunan dan keyakinan semua usahanya terjawab.

L

Pos terkait