PPKM di Banjarmasin Masuk Level 4 Sejak 28 Juli 2021

  • Whatsapp

Wartaniaga.com, Banjarmasin – Kendati sempat menolak, Wali Kota Banjarmasin, H Ibnu Sina akhirnya harus menyampaikan Banjarmasin berstatus Penerapan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 4 sejak 28 Juli 2021.

Sesuai Instruksi Mendagri (Inmend) Nomor 23 tahun 2021 bahwa kota seribu sungai masuk dalam kategori PPKM darurat. “Menanggapi hal itu kita akan melaksanakannya sejak 28 Juli nanti,” paparnya, Minggu (25/7/2021).


Sebelumny Pemko Banjarmasin akan melakukan sosialisasi terlebih dahulu terhadap masyarakat agar pelaksanaannya tidak terkesan ekstrem.

Karena dikhawatirkan akan memberi dampak kurang baik, seperti sebelumnya penerapan PSBB pada April 2020 lalu yang membuat perekonomian masyarakat anjlok.

“Kami harus mengkaji dampak penerapan tersebut nantinya,” katanya.

Untuk itu, pihaknya saat ini mengupayakan agar tidak terjadi hal serupa saat PSBB lalu dengan menggandeng para pengusaha di Banjarmasin untuk tidak melakukan pemberhentian karyawan saat penerapan PPKM darurat hingga 8 Agustus 2021 mendatang.

BACA JUGA:  DPRD Kalsel Sudah Ajukan Jembatan Sungai Alalak Baru Segera Diresmikan

“Ini menjadi perhatian kita agar tidak memberikan dampak terlalu dalam bagi masyarakat,” harapnya.

Pihaknya akan terus melakukan koreksi data baik yang dimiliki kota, provinsi dan pusat seperti jumlah kapasitas rumah sakit yang sebelumnya hanya 495.

Namun, setelah diinstruksi ke seluruh rumah sakit untuk menambah kapasitas hingga 50 persen maka saat ini Kota Baiman tersebut bisa memiliki 1000 lebih kapasitas penanganan pasien Covid-19.

“Kami berharap upaya tersebut level PPKM kita bisa turun sehingga aktivitas masyarakat bisa kembali normal,” ucapnya.

Reporter:Ahmad Syarif

Editor : Ahmad Yani

L

Pos terkait