Disbunak Kalsel Pastikan Kesehatan Hewan Kurban Sebelum dan Sesudah Pemotongan

  • Whatsapp

Wartaniaga.com, Banjarmasin- Dinas Perkebunan dan Peternakan Provinsi Kalsel (Disbunak Kalsel) instruksikan seluruh jajaran tim kesehatan terlatih untuk pastikan keamanan hewan kurban.

Kepala Disbunak Kalsel, Hj Suparmi mengatakan untuk menjamin keamanan bagi yang mengkonsumsi maupun penerima daging kurban pihaknya menurunkan tim pengawalan dan pemeriksaan ternak hewan kurban.

“Pemeriksaan hewar kurban dilakukan sebelum dan sudah pemotongan,” ucapnya kemaren.

Ia menjelaskan koordinasi dan sosialisasi pemeriksaan antemortem hewan kurban ini pun telah disampaikan kepada Dinas yang membidangi fungsi Kesehatan Hewan dan Kesehatan Masyarakat Veteriner di kabupaten/kota.

Pihaknya telah mengirim surat ke Pj Gubernur agar disampaikan kepada bupati dan wali kota untuk pengawalan pemeriksaan hewan kurban pada masa pandemi saat.

BACA JUGA:  Disabilitas Setara Bersama Pertadaya

Adapun pihaknya akan bekerjasama dengan Dokter Hewan Indonesia (PDHI) cabang Kalsel dalam melakukan pemeriksaan hewan kurban.

Aturan pelaksanaan pemotongan hewan kurban ini sesuai Surat Edaran Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan Nomor 8017/SE/PK.320/F/06/2021 tentang Pelaksanaan Kegiatan Kurban Dalam Masa Pandemi Corona Virus Disease (Covid-19) diimbau agar kegiatan kurban memperhatikan protokol kesehatan untuk pencegahan penularan dan penyebaran Covid 19 yang telah ditetapkan oleh pemerintah pusat maupun pemerintah daerah.

“Jadi tidak boleh ada kerumunan di masyarakat hanya boleh menerima dagingnya saja,” jelasnya.

Selain itu menjelang Idul Adha 1442 H (tahun 2021 M) Disbunak Kalsel menyiapkan lebih dari 14 ribu ekor sapi. Hal ini tentunya mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya yang berjumlah 12 ribu lebih ekor sapi.

BACA JUGA:  Pelindo III Buat Pojok Baca di Masjid Al-Ihsan

Ia pun meyakini perekonomian di Kalsel dilihat dari minat masyarakat untuk berkurban tetap bagus meskipun masih di masa pandemi Covid-19 sekarang ini.

“Minat masyarakat berkurban di tahun ini cenderung mengalami peningkatan,”imbuhnya.

 

Editor: Aditya

Pos terkait