Akidi Tio, Ai Lap Yu Pul

  • Whatsapp
Foto : Sinar Harapan

Wartaniaga.com– Orang Indonesia itu paling susah. Apalagi kalau susah benaran. Bangsa yang sangat terkenal pelupa, tetapi sekali kritis, kritis sekali.

Sejak kemarin petang ramai diulas sosok pengusaha Akidi Tio. Keluarga almarhum pengusaha tajir itu menyumbang 2 Trilyun rupiah untuk warga kota Palembang, Sumatera Selatan. Sumbangan itu ditujukan khusus untuk penanggulanganpandemi virus Covid19.

Nominal sumbangan bikin mata siapapun terbelalak. Dalam kalkulasi pengusaha Peter F Gontha, jumlah itu setara dengan 130 juta dollar Amerika. ” Luar biasa”, puji mantan Duta Besar RI di Polandia itu. “Mungkin baru terjadi pertama kali di dunia. Orang- orang terkaya dunia seperti Jeff Bezos (amazon), Elon Musk (Tesla) Bill Gates (Microsoft), Warren Buffet pun belum pernah melakukan ( menyumbang uang ) sebesar itu, kecuali melalui Yayasan untuk kepentingan Pajak.

BACA JUGA:  Akuntabilitas dan Transparansi dalam Penyusunan Laporan Keuangan Pemerintah

Jadi ini sesuatu yang sangat unik, terjadi hanya di Indonesia atau kata orang hanya di +62. Kita memang bangsa unik, semoga Keluarga Almarhum Akidi Tio di berikan Berkah oleh Yang Maha Kuasa, “ tulis pelopor TV Swasta di Tanah Air itu di laman Facebooknya.

“ Pengusaha apa yah Akidi Tio, kok tidak pernah melihat namanya dideretan 50 pembayar pajak terbesar di Indonesia?,” sambung Peter lagi.

Siapa Akidi Tio? Sampai tadi pagi ini, saya belum berhasil mendapatkan sumber valid yang mengenal riwayat pengusaha itu. Dalam siaran pers yang beredar, yang menjadi sumber pemberitaan media pers, informasinya seragam : sangat terbatas. Ada menyebut mendiang adalah pengusaha beberapa bidang usaha, tetapi rasanya memang belum klop atau meyakinkan dibandingkan dengan jumlah sumbangannya yang amat wuih. Semalam, saya mengontak aktor Anwar Fuady. Wong Palembang,yang terkenal punya pergaulan luas di masyarakat, khususnya di kampung empek-empek itu.

BACA JUGA:  3 ASUMSI SUKSES YANG TERLARANG

Dia juga tidak mengenal Akidi Tio. Ini aneh. Baru sekali ini ada orang kaya ” Wongkito” luput dari pengetahuannya.
Padahal, Anwar yang pernah maju sebagai Capres dalam Konvensi Golkar untuk Pilpres 2004, sekian tahun menjadi ” buku pintar” segala hal menyangkut Palembang atau Sumatera Selatan pada umumnya.

L

Pos terkait