Wabup HSS Usulkan Penambahan Sumber Daya Sertifikasi Tanah

  • Whatsapp

Wartaniaga.com, Banjarmasin- Wakil Bupati Hulu Sungai Selatan ( HSS ) Syamsuri Arsyad S.AP.MA. mengusulkan adanya penambahan sumber daya sertifikasi tanah kepada Badan Pertanahan Nasional (BPN) saat mengikuti Rapat Koordinasi dan sosialisasi Program strategis Kementrian ATR/BPN di  Banjarmasin, Sabtu (12/6).

Menurutnya, wilayah kabupaten HSS cukup luas jika hanya dengan sumber daya ayang ada, maka akan sangat sulit untuk melakukan sertifikasi dengan cepat.

” Usul tersebut kita sampaikan dalam rangka pemenuhan pengelolaan tata aset agar ada penambahan sumber daya,sebab milik kita terbilang sangat luas” jelasnya.

.Oleh karna itu,sambung Wabup  pihaknya akan mengirimkan surat ke kanwil  agar dapat memenuhi  tenaga untuk menyertifikasi tanah, sesuai yang disarankan oleh KPK RI.

BACA JUGA:  Cegah Karhutla, GAPKI dan Polda Kalsel Sepakati MOU

” Kita berharap tahun ini target penyertifikatan tanah milik Pemerintah dan masyarakat dapat terpenuhi,” papar Syamsuri Arsyad.

Dikatakannya, pada Rakor tersebut pemkab HSS juga menguslkan sertifikat gratis untuk masyarakat.

“ Tentu yang menjadi harapan kita juga adalah masyarakat dapat dengan sukarela mendaftarkan tanahnya untuk mendapatkan sertifikat tanah secara gratis ,sehingga ke depan tidak ada permasalahan tanah di kemudian hari” ujarnya.

Sementara Staf Khusus Menteri Bidang  Kelembagaan Dr Teuku Taufiqullah,M.si mengatakan kementrian ATR/BPN mengungkapkan  telah mengeluarkan Produk PTSL sebanyak 5,4 juta (2017),  9,3 Juta ( 2018),11,2 Juta (2019) dan dikarenakan terjadi pamdemi pada tahun 2020 hanya terealisasi 6,8 bidang.

” Kalimantan Selatan pada tahun 2020 telah mendaftarkan sebanyak 100.134 bidang tanah, sedangkan pada tahun ini menargetkan 40.000 bidang tanah,” ucapya.

BACA JUGA:  Paman Birin, Gotong Royong Melawan Penyebaran Covid-19

Reporter : Amutz

Editor : Aditya                

L

Pos terkait