Peringati Bulan Bung Karno, DPC PDI Perjuangan Tanah Laut Gelar Berbagai Kegiatan

  • Whatsapp

Wartaniaga.com, Pelaihari – Peringati Bulan Bung Karno Ke III Tahun 2021, Dewan Pimpinan Cabang PDI Perjuangan Kabupaten Tanah Laut gelar dialog interaktif bersama warga Desa Bumi Jaya.

Situasi Pandemi Covid-19 yang masih begitu masif penyebarannya, membuat dialog interaktif yang berlangsung di Gedung Serbaguna Desa Bumi Jaya tersebut hanya menghadirkan beberapa orang perwakilan warga serta para kader dan pengurus PDI Perjuangan Kabupaten Tanah Laut.


Ketua Dewan Pimpinan Cabang ( DPC ) Kabupaten Tanah Laut H. Muhammad Noor menuturkan, peringatan bulan Bung Karno yang bertepatan dengan hari lahir Pancasila diharapkan dapat meningkatkan pemahaman masyarakat terutama generasi muda tentang sejarah, filosofi dan nilai-nilai Pancasila, sekaligus menggelorakan kembali semangat rasa cinta Tanah Air.

BACA JUGA:  Wahid Berharap Perbup dapat Tingkatkan Kesadaraan Masyarakat 

Bulan Juni merupakan bulan yang penuh dengan tonggak sejarah, beraneka ragam suku, agama dan budaya yang dimiliki bangsa Indonesia bisa disatukan dalam Pancasila yang menjadi dasar serta ideologi negara, dimana Pancasila sendiri dirumuskan pertama kalinya oleh Bung Karno pada 1 Juni 1945.

” Bulan Juni mempunyai makna penting, selain sebagai hari lahir Pancasila, di bulan Juni juga menjadi hari lahir dan wafatnya Bung Karno, Putra Sang Pajar yang menjadi tokoh sentral dalam perjalanan sejarah Kemerdekaan Bangsa Indonesia ” tegas pengusaha muda sekaligus politikus yang akrab di sapa Haji Nurdin tersebut.

Sekretaris Fraksi PDI Perjuangan sekaligus Ketua Komisi II DPRD Provinsi Kalimantan Selatan Imam Suprastowo yang turut hadir langsung dalam kegiatan di Desa Bumi Jaya tersebut berharap peringatan bulan Bung Karno bisa menjadi pemicu semangat para generasi muda untuk melanjutkan gagasan serta pemikiran sang proklamator sekaligus Presiden pertama RI tersebut dalam memajukan bangsa Indonesia dari segala sektor.

BACA JUGA:  Tim Gugus Tugas Covid-19 HSU Laksanakan Operasi Malam

Apalagi ditengah situasi pandemi saat ini, bangsa Indonesia diingatkan bagaimana harus berdikari, sekurang-kurangnya di bidang pangan, kesehatan, energi, keuangan, pertahanan, dan keamanan.
” semua bisa diawali dari diri sendiri, keluarga, desa hingga ke jenjang selanjutnya ” ucap Imam Suprastowo.

Dalam peringatan bulan Bung Karno di Desa Bumi Jaya tersebut sebelumnya telah diadakan berbagai macam lomba yang diikuti oleh berbagai kalangan, mulai dari masyarakat, pelajaran hingga mahasiswa.

Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Tanah Laut juga menyerahkan piagam penghargaan kepada Kepala Desa Bumi Jaya Mujiono sebagai Pelopor Kebudayaan, selain itu juga diserahkan bantuan sebesar uang sebesar 35 juta dan 50 sak semen dari H. Muhammad Noor, H. Narto dan Syamsul Bahri ( Ketua Koperasi Sawit Makmur ).

BACA JUGA:  Program Kesehatan Gratis di Era Mardani Jadi Dambaan Warga

Diakhir kegiatan dilakukan penyerahan serta penanam bibit pohon Pinang Betara di halaman Gedung Serbaguna Desa Bumi Jaya.

Penulis : Tony Widodo

L

Pos terkait