KPU RI Cek Kesiapan TPS PSU

  • Whatsapp

Wartaniaga.com,Banjarmasin– Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Ilham Saputra, Perwakilan Bawaslu RI, bersama Forkopimda dan Sekda Kalsel memantau kesiapan sejumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang menggelar Pemungutan Suara Ulang (PSU), di Kota Banjarmasin, Kabupaten Banjar dan Tapin, Selasa (8/6/2021)

Pejabat yang bertolak dari Mahligai Pancasila sekitar 09.00 Wita itu, Ketua DPRD Kalsel Supian HK, Danrem Antasari Brigjen Firmansyah, Wakapolda Kalsel Brigjen M Agung Budiono, Kejati, Ketua KPU Kalsel Sarmuji, dan Ketua Bawaslu Erna Kasypiah, Kaban Kesbangpol Heriansyah serta Karo Umum Setda Kalsel.

Titik pertama kunjungan rombongan adalah TPS 03 Antasan Bondan Kelurahan Mantuil Kecamatan Banjarmasin Selatan Kota Banjarmasin.
Pj Gubernur dan Ketua KPU pun menanyakan berbagai kesiapan petugas KPPS yang baru dipilih itu, sembari memberikan masukan terhadap pelaksanaan PSU, khususnya terkait penerapan disiplin protokol kesehatan yang menjadi syarat penting.

BACA JUGA:  Ibnu Sina Silaturrahmi dengan Semua Lurah di Banjarmasin Tengah

Kendati Ketua KPPS 003 Mantuil setempat menyatakan pihaknya siap menggelar PSU dengan prorkes ketat dan undangan bagi pemilih dibagikan, Ketua KPU RI tetap mewanti-wanti mereka agar disiplin dan bekerja sesuatu aturan.

“Pokoknya tetap sesuai ketentuan ya, jangan macam-macam, kalau ada terima barang atau ketemu paslon. KPPS kalau macam-macam ancamannya pidana lo. Kalau bekerja sesuai ketentuan, aman,” ujar Ilham mengingatkan KPPS setempat.

Kepada wartawan, Ilham mengatakan, peninjauan lokasi ke beberapa TPS untuk memastikan kesiapan pelaksanaan PSU dan seluruh proses berjalan sesuai aturan.

Beberapa kasus seperti pemilih yang meninggal atau tidak memenuhi syarat, harus ditangani sesuai aturan.

“Jika ada persoalan-persoalan, sampaikan kepihak terkait, ada bawaslu, ada gakumdu untuk memproses laporan. Jadi suah ada kanal-kanal hukumnya,” ujarnya.

BACA JUGA:  Pemprov Kalsel Lengkapi Persyaratan Pengusulan Geopark

Lokasi kedua yang dikunjungi adalah TPS 01 Desa Mataraman Kecamatan Mataraman Kabupaten Banjar dan terakhir di TPS 04 Desa Pualam Sari Kecamatan Binuang Kabupaten Tapin.
Di sela-sela peninjauan, Pj Gubernur menilai secara umum TPS di Mantuil atau di Mataraman, siap melaksanakan PSU hari ini, Rabu (09/06) mulai pukul 07.00 hingga pukul 13.00.

Kalau pun ada sedikit kekurangan, itu sudah disampaikan sebagai koreksi bagi anggota KPPS.

Petugas TPS juga dinilai sudah memahami siapa yang berhak memilih dan aturan main yang harus dijalankan.

Safrizal kembali mengingatkan, suksesnya PSU mencerminkan kematangan Provinsi Kalsel dalam menyelenggarakan pesta demokrasi.

Karenanya ia berharap semua pihak terkait dapat menjalankan tugas dan fungsinya dengan baik, berintegritas dan profesional.

BACA JUGA:  Panti Asuhan se Kalsel Alami Penurunan Donatur

Editor : Aditya
Sumber : Biro Adpim Setdaprov Kalsel

L

Pos terkait