Abdul Hadi : Anggaran Sekitar 86 Milyar Setahun Hanya untuk Tenaga Kontrak

  • Whatsapp

Wartaniaga.com, Paringin – Mulai ramainya issue terkait pemberhentian sejumlah tenaga kerja kontrak yang ada di instansi Pemerintahan Kabupaten Balangan, Provinsi Kalimantan Selatan, langsung ditanggapi oleh orang nomor satu di pemerintahan berjuluk Bumi Sanggam tersebut.

Pemerintah Kabupaten Balangan, menepis issue pemberhentian tenaga kontrak tersebut, akan tetapi yang akan dilakukan adalah melaksanakan evaluasi terhadap para tenaga kerja kontrak yang lebih berkompeten atau memiliki keterampilan dalam pekerjaan.

Ada dua alasan yang menjadi penyebab akan dilakukannya evaluasi terhadap para tenaga kerja kontrak yang ada di kabupaten berjuluk Bumi Sanggam.

Dua alasan tersebut disampaikan oleh Bupati Balangan, H Abdul Hadi pada tim Komunitas Wartawan Sanggam (KOWAS) di kediaman dinas bupati, Jalan Garuda Maharam, Gunung Pandau, Kelurahan Paringin Kota, Senin (21/06)

BACA JUGA:  Ketua FKPT: Ponpes Bukan Sarang Radikalisme dan Terorisme

Disebutkan, alasan pertama adalah terkait rencana perampingan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dari 33 SKPD menjadi 22 SKPD demi efisiensi, yang artinya akan ada 11 SKPD dilakukan merger atau penggabungan, sehingga akan terjadi kelebihan pegawai ditambah tenaga kerja kontrak.

“Dengan adanya perampingan dinas otomatis kita tentu akan melakukan penyesuaian, tanpa adanya wacana evaluasi pun maka akan banyak kelebihan tenaga kontrak di Kabupaten Balangan,” ungkapnya.

Alasan kedua adalah anggaran belanja yang cukup besar di gelontorkan oleh Pemkab Balangan untuk tenaga kerja kontrak, yakni mencapai Rp86 Milyar dalam setahun, dimana para tenaga kerja kontrak tersebut di isi pula oleh orang dari luar kabupaten.

BACA JUGA:  Pemkab Kotabaru Ajukan 2 Raperda Baru

Belum lagi berbagai keluhan pegawai hingga masyarakat tentang adanya para tenaga kerja kontrak yang kurang memiliki kompetensi dalam pekerjaan, bahkan lebih sering terlihat di media sosial saat jam kerja dibanding hasil pekerjaannya.

L

Pos terkait