Satu Warga Kalsel Teridentifikasi Tertular Virus Corona B117

  • Whatsapp

Wartaniaga.com, Banjarmasin- Salah satu warga Kalimantan Selatan (Kalsel) teridentifikasi tertular virus varian baru yang diketahui sebagai Corona B117.

Teridentifikasinya virus Corona B117 kepada salah satu warga tersebut, dibenarkan Penjabat (Pj) Gubernur Kalsel, Safrizal ZA,

“Dari Balitbangkes menjelaskan ada varian baru B117. Salah satunya dari suspek yang ada di Kalsel,” kata Safrizal.

Sebelumnya, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, mengumumkan tambahan 4 kasus baru mutasi virus Corona B117. Berasal dari Palembang, Kalsel, Kaltim dan Sumatera Utara.

Namun, Safrizal tidak merincikan detail kasus yang menimpa salah satu warganya tersebut.

“Nanti dari Balitbangkes yang mengumumkan,” ulangnya.

Safrizal menekankan agar adanya virus baru ini tidak menimbulkan keresahan di tengah masyarakat. Namun, dia mengingatkan agar lebih memperketat protokol kesehatan.

BACA JUGA:  Strategi Kolaborasi Solusi Mengangkat Perekonomian Daerah

“Karenanya kita harus waspada tetap 3M, 4M, 5M. Memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, jangan terlalu berkerumun, dan mobilitas dikurangi,” runutnya.

Apabila disiplin menerapkan prokes secara ketat, dia meyakini warga Kalsel siap menghadapi virus Corona B117 tersebut.

“Kalau kita siap. Maka virus B117 itu akan kita hadapi dengan kesiapan dan Kalsel diberikan untuk menghadapi semua,” katanya

Kasus ini, lanjutnya, belum terdeteksi menimbulkan klaster penularan. Pemerintah telah berupaya melakukan pelacakan melalui 3T yaitu testing, tracking dan treatment dalam upaya penanganan Covid-19.

”Salah satunya dengan Rapid Antigen. Semua suspek sudah ditracking oleh Kemenkes dan belum ada tanda-tanda membuat klaster baru. Mudah-mudahan kita terus terlindungi,” pungkasnya.

BACA JUGA:  Kapolda Kalsel Rikwanto Instruksikan Pengamanan Full 24 Jam Menjelang PSU Pilgub Kalsel

 

Reporter: Aditya
Sumber: Biro Adpim Setdaprov Kalsel

L

Pos terkait