Ketika Banjir Mengancam Banjarmasin

  • Whatsapp
Bencana banjir Kalimantan Selatan

Wartaniaga.com-Kondisi permukaan kota Banjarmasin yang berada di bawah permukaan laut  dan juga akibat tidak terjaganya sungai , area resapan serta model pembangunan yang tidak ramah lingkungan menyebabkan kota Banjarmasin sangat rentan terhadap air.

Ditambah lagi posisi Banjarmasin yang berada di daerah bawah juga akan membuat masalah karena menjadi pusat limpahan air ketika di bagian atas sudah tidak bisa menampung. Yang terjadi saat ini adalah diakibatkan hal limpahan tersebut. Saat ini kota Banjarmasin sudah berfungsi sebagai kawasan penampungan akhir air.

Parahnya ketika muka air sungai menaik akibat air laut pasang dan kemudian curah hujan juga tinggi  menerpa kota, maka air limpahan tersebut akan bertahan dan hanya tergantung pada kemampuan daya serap tanah. Ketika tanah sudah jenuh / tidak mampu menyerap, maka jadilah kota Banjarmasin danau. Saat ini sudah ada indikasi ke arah sana, oleh sebab itu, maka cara yang dilakukan hanyalah sesegera mungkin membuang air tersebut keluar , yakni ke sungai Martapura secepat mungkin.

BACA JUGA:  Syafii Efendi Sebut Fazlur Tepat Pimpin Banjarmasin

Dan langkah yang dilakukan untuk mengatasi hal banjir di kota ini secara cepat hemat kami hanya ada 2 cara.

Pertama ;

Pos terkait