Gerakan Ekonomi, Warga Palimbangan Pilih Budidayakan Patin

  • Whatsapp
Tambak patin.

Wartaniaga.com, Amuntai- Budidaya  ikan menjadi pilihan warga Desa Palimbangan, kecamatan Haur Gading, kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) guna menggerakan roda ekonomi masyarakatnya. Lebih dari 60 persen warga desa memilih membudidayakan ikan patin sebgai mata pencaharian mereka.

Selain perawatan yang mudah dan efektif di kolam yang tidak mengalir, waktu panen serta hasilnya yang  cukup menjanjikan membuat warga menjatuhkan pilihan pada ikan yang satu ini.

“Ikan patin cukup mudah pemeliharaannya dan pangsa pasarnya juga sangat banyak, karena ikan ini banyak disukasi,” ujar Ridwan salah seorang warga yang membudidayakan ikan patin.

Menurutnya, hasil yang didapat dari sekali penen bisa mencapai ratusan  juta sehingga lebih menjanjikan bagi mereka yang membudidayakan ikan ini.

BACA JUGA:  Cegah Kelangkaan, 800 Gas Melon Tersedia di Pasar Murah Guntung Manggis

“ Satu kali panen saya bisa mendapatkan lebih dari 50 ton, kalau satu kilo harganya Rp 23.000 saja, maka lebih dari sertus juta,” jelasnya seraya menambahkan satu kali penen memerlukan waktu 4 bulan.

Dikatakannya, guna meningkatkan produksi dan pemasaran warga desanya membuat kelompok pembudidayaan ikan patin yang di beri nama Harapan Bersama. Tujuannya, saling berbagi pengetahuan dan cara membudidayakan ikan yang benar.

Pos terkait