Paman Birin Deklarasikan Banua Gerbang Ibukota Negara

  • Whatsapp

Wartaniaga.com,Banjarmasin– Dipilihnya Kalimantan Sebagai Pulau dimana Ibu Kota Negara Republik Indonesia ditempatkan, Paman Birin deklarasikan Banua ini sebagai Gerbang Ibu Kota Negara.

Salah satu misi pasangan H Sahbirin Noor – H Muhidin ke depan adalah pembangunan kawasan-kawasan ekonomi baru untuk mendukung keberadaan ibu kota negara (IKN) di Kaltim.

Misi ini dinilai strategis dan akan berdampak signifikan untuk mendongkrak perekonomian dan kesejahteraan masyarakat Banua.

Mengapa ini strategis? Menurut Paman Birin, secara geografis Kalsel berbatasan langsung dengan lokasi IKN, yaitu Penajam (Kaltim). Ada dua wilayah yang berdempetan batas, Kabupaten Tabalong dengan turunannya di kawasan Hulu Sungai dan Kotabaru yang berakses ke Tanah Bumbu.

BACA JUGA:  Persiapan HPS XXXVIII 2018 Sudah 99 Persen

“Sebab itu kita mendeklarasikan Kalsel ke depan sebagai Gerbang IKN. Posisi kita paling strategis dengan provinsi lain di Kalimantan. Baik dari segi jarak, maupun konektifitas dan interaksi masyarakat,” ungkap Paman Birin.

Dalam sebuah kesempatan, Presiden RI Jokowi bahkan pernah melempar wacana untuk melancarkan jaringan transportasi darat antara Kalsel dan IKN. Salah satunya dengan membangun jalan tol dan infrastuktur penunjangnya, selain memelihara dan mengembaangkan jaringan jalan yang sudah ada.

“Kalsel sendiri telah memulai membuka ruas jalan baru. Bukan tol yang berbayar, namun jalan bebas hambatan. Akhir 2020 ini, seluruh jalan akan tersambung karena semua jembatan terpasang. Kabupaten Banjar, Banjarbaru dan Tanah Bumbu akan terhubung dengan infrastruktur jalan baru,” ungkap Paman Birin.

Pos terkait