Tingkatkan Skill Kewirausahaan, Disbudpar Latih Puluhan WUB

  • Whatsapp

Wartaniaga.com,Banjarmasin- Sesuai janji Pemerintah Kota Banjarmasin bahwa pembinaan UKM di Banjarmasin akan terus dipantau, rupanya terus berlanjut dengan berbagai pelatihan wira usaha.

Guna meningkatkan kemampuan atau soft skill dalam menunjang Wira Usaha Baru (WUB) di Kota Baiman ini, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Banjarmasin menggelar pelatihan Kewirausahaan di bidang pariwisata.

Bertempat di SMK Bina Banua, Kecamatan Banjarmasin Timur, pelatihan yang dilaksanakan selama 3 hari dari tanggal 8 sampai dengan 10 Oktober 2020 ini diikuti oleh 7 peserta dari komunitas Craft atau kerajinan tangan yang ada di kota dengan julukan Kota Seribu Sungai ini.

Kasi Informasi dan Teknologi Bidang SDM, Disbudpar Kota Banjarmasin, Firmansyah menjelaskan, bahwa tujuan dari pelatihan tersebut tidak lain adalah agar menciptakan peluang bagi masyarakat untuk membuka Wira Usaha Baru di bidang kepariwisataan.

BACA JUGA:  Kota Idaman Raih Penghargaan 'Kota Sehat' Dari Presiden

“Kita menargetkan sebanyak 75 WUB di setiap tahunnya,” ungkapnya.

Di tahun 2020 ini, ia melanjutkan, pihaknya telah mambangun 37 WUB yang berada di bawah bimbingan Disbudpar.

“Kalau binaan dinas Kebudayaan dan pariwisata dari 2016 sampai dengan 2019 adalah sebanyak 265 WUB yang tercipta,” bebernya.

Sebelumnya, program Disbudpar yang berasal dari Dana Insentif Daerah ini juga telah mengadakan pelatihan foto cerita (story Telling) di digital borneo selama 3 hari pada tanggal 5 sampai dengan 7 Oktober 2020.

“Di pelatihan ini ada 10 peserta WUB yang kita bimbing untuk bisa berkembang,” ujar pria dengan sapaan Firman ini.

Oleh karena itu, Firman berharap, dengan diberikannya pelatihan tersebut, seluruh peserta yang sudah diberi pembekalan oleh Disbudpar dalam mewujudkan WUB yang berkualitas ini bisa bertahan dan mampu meningkatkan taraf perekonomian keluarga.

BACA JUGA:  Ada 3 Kota, Jadi Kandidat Tuan Rumah CSS 2020

“Selain itu, juga bisa memajukan nilai dari aspek pariwisata yang ada di Kota Banjarmasin,” tutupnya.

Penulis : Ahmad Yani

Pos terkait