PIRTINA Kalsel Bangkitkan Potensi Warga Dayak Dalam Olahraga

  • Whatsapp

Wartaniaga.com, Banjarmasin – Bakat alami suku dayak dinilai berpotensi angkat olahraga tradisonal asal Kalimantan Selatan (Kalsel) kedepan.

Khususnya Dayak Balangan, sub etnis Dayak Meratus di Kabupaten Balang, Kecamatan Halong membuat Perkumpulan Olahraga Tradisional Indonesia (Portina) Balangan mengandalkan sumpit menjadi olahraga andalan.

Bagi kabupaten pecahan Hulu Sungai Utara ini, sumpit diprediksi bakal menjadi salah satu lumbung medali dikejuaraan tradsional baik lokal maupun nasional.

Ketua Portina Balangan, Yudhi Rachman mengatakan selain sumpit dua cabang lain yakni Ketapel dan Balogo.

“Untuk mewujudkan dan mengembangkan tiga cabang olahraga andalan itu kami sudah melakukan renovasi sarana dan prasarana di Balangan,” kata dia.

Portina Balangan baru saja dibentuk dan dikukuhkan oleh Ketua Portina Kalsel Agus Pebrianto di Hotel Victoria Banjarmasin, Sabtu (19/9/2020) sore. Ini merupakan Portina pertama yang dilantik dan terbentuk kepengurusannya.

BACA JUGA:  146 KK Desa Gudang Hirang Terima BLT

“Sebenarnya sudah memberikan mandat kepada lima daerah untuk segera membentuk Portina dan Portina Balangan reaktif cepat langsung membentuk dan langsung kami resmikan,” kata Agus.

Pos terkait