Peringati WCD Pemkab HSU Bersihkan Dermaga Danau Panggang

  • Whatsapp

Wartaniaga.com, Amuntai- Memeperingari Hari Bersih-Bersih Sedunia atau World Cleanup Day (WCD), Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) bersama steekholter terkait lakukan kegiatan memungut sampah yang berserakan di Dermada Kecamatan Danau Panggang.

Dengan menggunakan berbagai peralatan yang ada seperti sapu, keranjang dan lai-lain, kegiatan ini membuat masyarakat yang beraktivitas di sepanjang dermaga merasa bangga dan bersimpati dengan kegiatan tersebut.

Bupati Hulu Sungai Utara Drs. H. Abdul Wahid HK, MM, M.Si mengatakan dipilihnya dermaga Danau Panggang sebagai lokasi kegiatan karena dermaga itu sehari-harinya melayani transportasi sungai yang mencakupi daerah kalsel dan kalteng, hal ini dikarenakan lokasi dermaga yang terletak di alur Sungai Negara yang langsung menebus sungai barito.

BACA JUGA:  Terkait Refocusing, BPK Kalsel akan Periksa Penggunaan Anggaran Penanggulangan Covid-19

“Musim kemarau yang terjadi saat ini membuat debit sungai menjadi surut sehingga sampah dan tumbuhan sungai seperti gulma dan enceng gondok menjadi tertumpuk di pinggir dan lingkungan dermaga” bebernya.

Ia mengatakan agar seluruh masyarakat HSU untuk terus menjaga kebersihan sekitar lingkungan tempat tinggal, kerja dan ibadah, agar tehindar dari bahaya Covid-19 yang mematikan.

“Selalu memakai masker apabila berkativitas diluar rumah dan mencuci tangan dengan air yang mengalir,” himbaunya.

Perlu diketahu, World Cleanup Day (WCD) Indonesia kembali hadir sebagai kegiatan tahunan bersih-bersih dan memilah sampah secara serentak di seluruh Indonesia.

Ketua KNPI Hulu Sungai Utara Almin Ashar Safari, SKM menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk menggerakkan partisipasi masyarakat dalam kepedulian terhadap lingkungan terlebih lagi permaslahan sampah yang merupakan masalah pokok dalam kehidupan manusia.

Pos terkait