Warga Banjarmasin yang Tidak Pakai Masker, Siap-Siap Kena Denda

  • Whatsapp

Wartaniaga.com,Banjarmasin- Bagi warga khusunya kota Banjarmasin jangan sekali-sekali keluar rumah tidak menggunakan masker. Pasalnya, Pemkot Banjarmasin telah mengantongi aturan yang dapat memberikan sanksi dan denda bagi warganya yang tidak mengindahkan protokol kesehatan covid-19.

Aturan dan sanksi bagi mereka yang melanggar protokol kesehatan covid-19 tertuang pada Peraturan Walikota (Perwali) nomor 60 tahun 2020 tentang Pedoman Pelaksanaan dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan pada Masa Pandemi Virus Corona.

Berdasarkan Perwali yang ditandatangani Walikota Banjarmasin, H Ibnu Sina pada tanggal 6 Agustus 2020 itu tedapat beberapa sanksi yang akan diberlakukan bagi warga yang kedapatan tidak menggunakan masker di luar rumah, tempat umum atau fasilitas umum lain.

BACA JUGA:  FORMI Banjarmasin Majukan Muskot

Mulai teguran lisan, tertulis hingga pembinaan fisik yang terukur adalah sebagian dari sanksi yang akan diberikan pemkot Banjarmasin terhadap warga yang tidak menggunakan masker.  Selain itu, kerja sosial seperti membersihkan fasilitas umum, membubarkan kerumunan hingga menyita Kartu Tanda Penduduk (KTP) dapat dilakukan Sat Pol PP kota Banjarmasin guna menegakan aturan ini.

Bukan itu saja, Perwali ini juga menyertakan sanksi denda sebesar Rp 100.000 dan  penutupan tempat usaha bagi mereka  yang tidak melaksanakan prosedur protokol kesehatan covid-19.

Perwali ini mulai berlaku, Senin (10/8) dan guna menjaga aturan ini berjalan pemkot Banjarmasin menyiagakan Sat Pol PP didampingi Babinsa serta Bakamtibmas.

Menariknya, bagi warga yang terkena denda, nantinya diharuskan membayar menggunakan aplikasi telpon pintar e-tilang Pikobar dan akan menjadi pemasukan kas daerah.

BACA JUGA:  Paman Birin Gowes Bersama Forkopimda Kalsel Gelorakan Hidup Sehat

Penulis : Edi Dharmawan

Pos terkait