Ada 70 Persen Koperasi di Banjarmasin yang Masih Aktif

  • Whatsapp

Wartaniaga.com,Banjarmasin-Sebanyak 70 persen koperasi yang ada di Banjarmasin tercatat masih aktif. Jumlah koperasi di kota Banjarmasin sendiri terhitung dari posisi terakhir di Desember 2019 sebanyak 514 koperasi dan aktif hanya 303 buah.

Kepala Seksi Pembianaan Usaha, Dinas Koperasi, Tenaga Kerja dan UMKM kota Banjarmasin, Budi Munandar S.Pi.MM mengatakan ada koperasi yang tidak aktif dikarenakan para pengurusnya yang tidak menjalankan lagi kegiatan usahanya.

“Ada sekitar 211 koperasi yang tidak aktif, disebabkan pengurusnya tidak aktif, usahanya tidak berjalan lagi dan penggurusnya tidak mengadakan rapat tahunan”,ujarnya.

Menurutnya, pembinaan sudah diberikan terhadap koperasi namun ada beberapa keadaan yang tidak jelas dan kepenggurusanya tidak ada lagi sehingga dibubarkan.

BACA JUGA:  Pengusaha Alat Berat Bekerja Extra Saat Pandemi Covid-19

“Dari 211 yang tidak aktif sekitar 88 yang dibubarkan karna tidak ada kejelasan”,ucap Budi.

Program untuk yang tidak aktif diberikan pelatihan dalam segi manajemen usaha dan permodalan, mengadakan pembinaan langsung di lapangan agar bisa mengaktifkan kembali.

“Koperasi yang tidak bisa membuat laporan akan di bantu dan dibuatkan, agar dapat melaksanakan rapat anggota”, jelas budi.

Sementara itu, bagi koperasi yang masih aktif tetap dilakukan pembinaan. Harapannya, mereka dapat lebih baik dan berkembang.

Reporter : Nirma Hafizah
Editor : M Ramadhani

Pos terkait