Paman Birin Beri Arahan, Terkait Perpanjangan Status Tanggap Darurat Covid-19

  • Whatsapp
L

Wartaniaga.com,Pelaihari- Dalam rangka menindaklanjuti perpanjangan status tanggap darurat penanganan Covid-19 di Kalimantan Selatan (Kalsel), maka pada Kamis (2/4) digelar video conference antara gubernur Kalsel dan forum koordinasi pimpinan daerah (forkopimda) Kalsel serta bupati/walikota dan forkopimda se-Kalsel.( 3/4 )

Dalam arahannya, Gubernur Kalsel H. Sahbirin Noor menyampaikan situasi terkini penyebaran covid-19 di Kalsel, untuk orang dalam pemantauan (ODP) tercatat 1.305 orang, pasien dalam pengawasan (PDP) 7 orang dan konfirmasi positif sebanyak 8 orang.

Pemerintah provinsi Kalsel sendiri juga telah mengambil langkah – langkah, diantaranya yaitu, memperpanjang status tanggap darurat penanganan virus Corona terhitung tanggal 3 April 2020 sampai dengan 16 April 2020. Kemudian pembatasan arus masuk orang yang datang dari luar wilayah provinsi Kalsel.

BACA JUGA:  Gelar Webinar, Kementan Berbagi Kiat Cerdas Beternak Sapi di Tengah PMK

Pria yang kerap disapa Paman Birin itu pun meminta kepada bupati/walikota se-Kalsel agar melakukan analisa yang matang untuk memperhitungkan dampak sosial dan ekonomi, memastikan keamanan dan keselamatan petugas kesehatan, menyiapkan segala bentuk sumber daya serta fasilitas kesehatan yang dimiliki, mengoptimalkan penanganan pertama terhadap perawatan ODP dan PDP. Kemudian meningkatkan pengawasan pembatasan sosial atau karantina mandiri, menjaga jarak fisik serta pencegahan dan penanganan setiap arus masuk orang, memberikan bantuan sosial maupun sembako, melibatkan organisasi profesi, tenaga profesional, pelaku usaha dan masyarakat sipil serta melaporkan perkembangan pelaksanaan antisipasi dan penanganan dampak penularan Covid-19 secara berkala dan koordinasi dengan semua pihak.

Terpisah, Bupati Tala H. Sukamta dalam keterangannya melaporkan kondisi terkini terkait kasus Covid-19 di Kabupaten Tala. Seperti langkah – langkah edukasi yang dilakukan satgas penanggulangan virus Corona dari tingkat kecamatan hingga desa.

BACA JUGA:  Lanal Banjarmasin Sinergi Gelar Vaksinasi, Strengthen Herd Immunity

Selain itu juga kepada Gubernur ia mengemukakan terkait kesiapan alat pelindung diri (APD) dan progres -progres untuk menghadapi Covid-19, juga dampak ekonomi yang dirasakan, terutama bagi para pedagang ekonomi lemah dan masyarakat yang bekerja disektor non-formal.

“Siang ini kita rapatkan tentang jaring pengaman sosial seperti apa yang harus segera kita ambil,” terang Kamta.

Bahkan dirinya beserta jajaran pemerintah Kabupaten Tala telah bersiap apabila terjadi kemungkinan terburuk, seperti kesiapan lahan pemakaman untuk jenazah Covid-19.

L

Pos terkait