Kontes Durian Banjar Menjaring Varietas Unggul Baru

  • Whatsapp
Kontes Durian Banjar Menjaring Varietas Unggul Baru

Wartaniaga.com, Martapura– Sebanyak 103 durian dipamerkan dalam Kontes Durian pada Festival Durian 2020, di Desa Mandikapau Barat, Kecamatan Karang Intan, Kabupaten Banjar, Rabu (8/1) Siang. Durian dari banyak varietas ini merupakan durian lokal yang dibawa pemiliknya dari seluruh wilayah Kabupaten Banjar.

Para juri yang melakukan penilaian mencoba mencari durian yang paling unggul. Menurut salah satu juri kontes, Budi Karya Yugie, seluruh dari durian kontestan menjadi bahan penilaian, mulai dari kulit hingga ke aroma isi. “Beberapa poin penilaian yang kita nilai adalah warna, ketebalan isi, bentuk buahnya, utamanya adalah rasa manis, rasa pahitnya, dan rasa lainnya yang ada didalam durian itu, dan juga besar buah dan isinya jadi penilaian tertentu untuk dapat durian terbaik banjar” papar Dewan Penasihat Durian Traveler asal Jakarta ini.

BACA JUGA:  Ketua DPRD Kalsel : Saatnya Kalimantan Punya Kereta Api

Varietas Baru di Kontes Durian Banjar

Dari seratus lebih durian lokal Banjar yang dikonteskan, hampir seluruhnya memiliki aroma yang bekualitas. “Durian disini memiliki manis yang cukup kuat ya, umumnya lebih dominan manis dibanding pahitnya, cuman warna nya belum bisa kuning tua baru kuning gading umumnya tapi aroma sudah bisa menunjukan durian berkualitas” tambah Budi.

Pos terkait