Tingkatkan Kapasitas Desa, Dinas PMD Kalsel Gelar Pelatihan

  • Whatsapp
Dinas PMD

Wartaniaga.com, Banjarmasin – Wujudkan pentingnya posisi pendamping desa dalam upaya pembangunan di Kalimantan Selatan, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) gelar pelatihan lokal desa yang juga bertujuan untuk meningkatkan kapasitas pada desa.

Kasubbag Perencanaan dan Pelaporan Dinas PMD Provinsi Kalsel, Wahyu Widyo Nugroho mengatakan perlunya pelatihan pendamping desa untuk meningkatkan kapasitas pendamping desa yang selama ini mendampingi penyaluran dan pemanfaatan desa.

“Jadi adanya pelatihan pendamping lokal desa ini sebagai upaya meningkatkan kembali kapasitas pendamping lokal desa, sebagaimana yang diketahui satu orang pendamping harus mendamping tiga sampai empat desa,”ucapnya disela kegiatan konsolidasi pelatihan peningkatan kapasitas pendamping lokal desa, di Hotel Aria Barito,Selasa (3/12).

BACA JUGA:  Dana Kelurahan Sungai Jingah Digunakan Pelatihan Sasirangan

Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Gelar Pelatihan Lokal Desa

Wahyu melanjutkan, kuota pendamping desa pada 11 Kabupaten/Kota masih belum terpenuhi, ia membeberkan saat ini ada 464 pendamping yang mengikuti pelatihan, padahal seharusnya jumlah kuota pendamping desa di Kalsel 979 orang yang terdiri dari tenaga ahli 66 orang, desa level kecamatan 394 orang dan pelatihan lokal desa 519 orang.

Dinas PMDDinas PMD

“Secara regional Kalimantan, kita kekurangan tenaga pendamping cukup banyak, yang paling besar di pelatihan lokal desa kita kekurangan,”bebernya.

Sementara itu, Wahyu mengungkapkan yang membuat kurangnya pendamping akibat kendala yang terjadi seperti, letak geografis desa ke desa berjauhan, jumlah desa yang harus di dampingi, serta penghasilan upah yang tidak sesuai dengan beban tugas.

BACA JUGA:  Dana Kelurahan Digunakan Beli Mesin Damkar dan Hydrant

“Terkait yang selalu disuarakan teman-teman pendamping ke kita untuk penghasilan tidak sesuai dengan beban tugas, mereka mengharapkan penghasilan nya itu bisa ditambah,” tutupnya.

Reporter : Aya
Editor : Muhammad Zahidi
Foto : Aya

Pos terkait