Pelamar Panwascam di Banjarmasin Lampaui Kuota

  • Whatsapp
Banjarmasin

Wartaniaga.com, Banjarmasin – Terhitung sejak 27 November 2019, Seleksi calon Panwascam (Panitia Pengawas Kecamatan) yang diadakan oleh Bawaslu Kota Banjarmasin sudah melebihi target.

Ketua Bawaslu Kota Banjarmasin, Muhammad Yassar mengatakan, Hingga saat ini Senin (2/12), masyarakat yang ikut dalam seleksi Panwascam sudah lebih dari 100 orang, bahkan ada beberapa dari kalangan difable yang juga turut mengikutinya.

“Warga yang terdaftar sudah melebihi dari yang kita butuhkan,” ucapnya.

ia mengatakan, bawaslu tidak akan membatasi jumlah warga yang mendaftar, namun pendaftaran tersebut akan ditutup besok pada hari Selasa (3/12) nanti.

Bawaslu Kota Banjarmasin Sudah Melebihi Target

“Kita membuka lebar bagi siapa saja dan tidak dibatasi jumlah pendaftarnya, itu semua dilakukan demi menjaring individu yang berkualitas untuk menjalankan pesta demokrasi nanti, termasuk untuk kalangan disabilitas,” ujarnya.

BACA JUGA:  Atasi Kekumuhan, Pemko Akan Renovasi 150 Unit Rumah

Menurutnya kalangan disabilitas juga berhak ikut serta dlm proses mesukseskan pilkada nanti. Namun ada beberapa catatan yang harus dipenuhi jika ingin ikut berkontribusi.

“Boleh aja bagi jenis difabel yang memungkinkan berkomunikasi dan mampu memberikan pelayanan publik, serta menyertakan surat keterangan kesehatan dari dokter,” sambung Yasar.

Banjarmasin

Sebelumnya ia membeberkan jumlah Panwascam yang diperlukan Bawaslu Kota Banjarmasin sebanyak 15 orang yang akan dibagi di 5 Kecamatan untuk daerah dengan julukan Kota Seribu Sungai tersebut. “Jadi setiap kecamatan ada 3 orang Panwascam yang bertugas disana,” bebernya.

Yassar menerangkan para calon Panwascam tersebut harus melalui tahap proses seleksi dari pihak Bawaslu, “mulai dari seleksi administrasi yang akan diumumkan tanggal 12, tes tertulis tanggal 13-16 yang dibagi menjadi beberapa sesi karena jumlah kapasitas ruangan yang tersedia hanya bisa menampung sebanyak 30 orang, dilanjutkan dengan tahap wawancara tanggal 17 Desember 2020,” jelasnya.

BACA JUGA:  Banjarmasin Selatan, Masih Kawasan Kumuh Terluas

Ia menambahkan jika tak ada aral, pada 21 Desember 2020 akan dilaksanakan pelantikan bagi 15 orang terpilih yang akan menjadi Panwascam di Kota Banjarmasin.

“Semua proses seleksi ini dijalankan demi mencari pengawas pemilu yang berintegritas dan kompeten, serta untuk terciptanya pesta demokrasi yang baik dan aman,” tandasnya.

Penulis : Zakiri
Editor : Muhammad Zahidi
Foto : Zakiri

Pos terkait