Kemarau, Pasokan Ikan di Pelelangan RK Ilir Menurun

  • Whatsapp
Kemarau, Pasokan Ikan di Pelelangan RK Ilir Menurun

Wartaniaga.com, Banjarmasin – Kemarau panjang di kota Banjamasin menyebabkan pasokan ikan di tempat pelelangan RK Ilir mengalami penurunan yang signifikan, jumlah ikan ini menurun dalam beberapa bulan terakhir.

Menurunnya pasokan ikan tersebut menyebabkan pengepul ikan harus merogoh kocek lebih dalam lagi untuk mampu bersaing dengan sesama untuk mendapatkan suplai ikan dari nelayan.

Muat Lebih

Salah satu pengepul ikan, H Amat menjelaskan pada saat kemarau memang sangat sulit mencari ikan, tentunya hal ini karena jumlah ikan sendiri yang tidak tersedia di sungai ataupun tambak.

BACA JUGA:  Peduli Kabut Asap, Banjarbaru Juara Bagikan Masker

“Kemarau kemaren memang sulit suplai ikan, hingga saat ini berlangsung demikian,” bebernya saat berada di pelelangan ikan RK Ilir, Rabu (23/10).

Ia mengungkapkan ketersediaan ikan air tawar atau sungai yang ada di Kalimantan Selatan saat ini tidak bisa mencukupi kebutuhan masyarakat khususnya yang berada di Kota Banjarmasin yang mengalami permintaan ikan sungai begitu tinggi.

“Kita datangkan langsung ikan dari Samarinda, khusus ikan Haruan, karena dari sini memang susah didapatkan,” paparnya.

Adapun harga satu kilogram ikan Haruan mencapai Rp 60 ribu untuk yang besar, sedangkan yang kecil sekitar 50 ribu kebawah.

Sementara itu Ikan Papuyu yang dianggap primadona kuliner khas Kalimantan Selatan mengalami kenaikan harga yang sangat tinggi, berkisar mencapai Rp 90 ribu untuk yang besar, yang kecil lebih murah dari itu.

BACA JUGA:  PDAM Bandarmasih Dilema, Air Leding Dijual

“Beda halnya dengan awal musim penghujan dan memasuki musim kemarau, ikan akan mulai bermunculan, sehingga ikan sangat mudah di dapat,” tutup H Amat.

Reporter : Aditya
Editor : Mukta
Photo : Aditya

Pos terkait