Mengenal Srikandi Tanah Laut

  • Whatsapp

Wartaniaga.com, Pelaihari – Aktivitas kaum wanita kota Pelaihari dalam memperjuangkan hak haknya menuju wanita yang mandiri, sungguh tidak diragukan lagi. Dari pergerakannya secara personal hingga berhimpun dalam sebuah wadah telah dilakukannya. Terbukti pada saat peringatan kemerdekaan RI ke 72 tanggal 17 Agustus 2017, mereka mendeklarasikan perkumpulannya yang bernama “Srikandi Tanah Laut” yang dipimpin oleh Rina Marliani akrab dipanggil Ratu Rina.

Muat Lebih

Saat berbincang dengan Wartaniaga.Com, Ratu Rina yang didampingi oleh Irda Maryani dan Linda, mengatakan, bahwa penggunaan nama Srikandi ini pihaknya terinspirasi dari sosok perjuangan seorang putri penjaga keamanan Negeri Maduraka yang pemberani, ramah dan cantik jelita namun penuh wibawa, bahkan tatkala marah pun dia tak pernah memperlihatkan wajah marah, yang ada justeru orang yang disekitarnya justeru segan dan terpesona dengan sikapnya tersebut, jelas Ratu Rina.

BACA JUGA:  Satukan Persepsi Demi Pertanian Modern

Dalam menjalankan perkumpulan Srikandi Tanah Laut, hingga keberadaannya diakui oleh pemerintah daerah sungguh tidaklah mudah, pahit getir telah dilaluinya bersama rekan-rekannya. Yahhh Alhamdulillah ujar Irda Maryani menimpali pada tahun 2019 ini Pemerintahan Kabupaten Tanah Laut di pimpin oleh H. Sukamta, keberadaannya mulai dihargai.

Dibuktikan pada saat acara pameran pembangunan babarapa waktu lalu pihaknya diberikan kesempatan untuk menampilkan produk yang dihasilkan oleh para Srikandi Tanah Laut sebagaimana yang dilakukan Bupati H. Sukamta telah memberikan suport dan semangat pada pergelaran pameran pembangunan produk kuliner yaitu Asetehe Kebocoran (Minuman baper kemasannya bisa bicara) dan roti embul menjadi salah satu produk unggulan khas Tanah Laut.

BACA JUGA:  P4S Tuntung Pandang Bawa Misi Sejahterakan Petani

Dikatakan Irda Maryani, “Visi dan Misi kami adalah memperjuangkan aspirasi wanita khususnya Kab. Tanah Laut, agar tidak ada lagi perempuan yang tidak punya usaha, selain itu menyantuni anak yatim dan kemudian meningkatkan kualitas kaum wanita di bidang agama melalui majelis dan pengajian, kami juga mendirikan perpustakaan di Tanah Laut agar anak – anak memiliki wawasan selain didapatnya disekolah”, tutup Irda Maryani salah seorang punggawa Srikanda Tala.

Srikandi Tala saat ini memiliki anggota aktif sekitar 53 orang dan sekertariat yang juga merangkap sebagai perpustakaannya beralamat di Jl. Baramban Raya Rt. 21 Rw. 07 Kec. Pelaihari Kab. Tanah Laut.

Editor : Riyatin

Pos terkait