BPBD Kalsel Fokus Penanganan Titik Rawan Karhutla

  • Whatsapp

Wartaniaga.com, Banjarbaru – Badan Penanggulangan Daerah (BPBD) Kalsel saat ini sedang fokus mengawasi sejumlah titik rawan Karhutla di Kalsel. Hal itu demi mencegah terkait ketidaksadaran masyarakat terhadap bahaya kebakaran di wilayah Kabupaten Tanah Laut, Batola, Banjarbaru dan Banjar.

Kepala Pelaksana BPBD, Drs. Wahyuddin, M.AP, menjelaskan, saat ini pihaknya lagi dalam mengawasi 5 titik posko pencegahan karhutla. Titik itu seperti di depan Rumah Sakit Sambang Lihum, Mandastana, Bati-Bati, Guntung Damar serta induknya berada di markas utama BPBD Kalsel sendiri.

“Saat ini kita fokus pada 5 titik utama pengamanan karhutla seperti Marabahan, depan Sambang Lihum, Bati-Bati dan utama di markas BPBD sendiri,” ujarnya kepada Wartawan Wartaniaga.com saat ditemui diruang kerjanya, Jumat (30/8).

BACA JUGA:  Ada Apa Dibalik Ambruknya Oprit Jembatan Tabirai • Kajati Kalsel Akan Bentuk Tim
Loading...

Ia juga menambahkan, pemincu utama kebakaran lahan saat ini dilakukan oleh faktor manusia. Hal itu, masyarakat harus memahami akan kesadaran bahaya kebakaran dan dampaknya di Kalsel.

“Pemicu utama kebakaran saat ini dilakukan oleh masyarakat sendiri yang belum sadar pentingnya menjaga agar tidak terjadi kebakaran lahan,” ujarnya.

Wahyuddin menghimbau agar masyarakat selalu waspada terhadap kebakaran baik dari lahan dan rumah.

Selain itu, Wahyudin, juga membeberkan kasus pembakar lahan dari 54 pelaku, baru 3 orang yang sudah ditangani oleh Polres Banjarbaru, 2 diantaranya warga Banjarbaru dan 1 orang dari Kabupaten Banjar.

“Ya, Kita juga sudah menyerahkan pelaku pada pihak Kepolisian Resort Banjarbaru, 2 diantaranya warga Banjarbaru dan 1 orang dari Kabupaten Banjar,” ucapnya.

BACA JUGA:  Sahabat Jokowi Tala Gelar Syukuran Pelantikan Jokowi-Ma'ruf

Wahyuddin juga mengungkapkan akan ada 100 pasukan khusus yang diserahkan dalam pengamanan Karhutla ini, seperti Ormas, Kepolisian dan TNI. Memacu penanganan ini pasukan difasilitasi 6 Heli Boom dan Damkar.

“Kita akan mengerahkan pasukan khusus dalam mengatasi Karhutla, baik itu dari Ormas, Kepolisian dan TNI serta kita sudah dilengkapi dengan Heli Boom dan Damkar,” ujarnya.

Reporter : Mg 02
Editor : Hamdan
Foto : Mg 02

Loading...

Pos terkait