logo wartaniaga

Perkembangan UMKM di Kalsel Mengembirakan

Wartaniaga.com,Banjarmasin- Direktur PT Jamkrida Kalimantan Selatan (Kalsel), Rizqillah Suhaili menilai perkembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kalsel dalam beberapa tahun terakhir menunjukan kemajuan yang menggembirakan.

Berdasarkan data dari perusahaanya terjadi peningkatan kebutuhan modal bagi sektor ini antara 10 sampai  15 persen. “ Bila dibandingkan dengan tahun lalu, tahun 2019 ini terjadi penambahan modal bagi UMKM hingga 15 persen” ujarnya kepada Wartaniaga.com di kantornya, akhir pekan tadi.

Rizqillah Suhaili

Dikatakan Riqzi, peningkatan ini selain karena jumlahnya yang semakin banyak juga kemampuan financialnya semakin baik.

“ Jumlah UMKM bertambah, ini karena kesadaran masyarakat untuk berwirausaha sudah semakin tinggi. Sedangkan jumlah pinjaman semakin besar disebabkan berkembangnya usaha yang mereka jalankan” Jelas Bendahara PWNU Kalsel ini

BACA JUGA:  FEsyar Bukukan Omset Rp 2,6 T

Menurutnya, perkembangan ini juga tidak lepas dari peran pemerintah  selama ini dalam membuat kebijakan  yang mendukung dan berpihak pada UMKM.

“ Gubernur kita sangat gencar sekali mempromosikan wisata dan menyelenggarakan event-event tingkat nasional di Kalsel. Tujuannya untuk mendatangkan sebanyak mungkin wisatawan yang pada akhirnya berdampak langsung kepada pelaku usaha disekitarnya yang sebagian besar adalah UMKM” papar Riqzi.

Sementara itu, Ketua Hipmikindo Kalsel, Yeni Mulyani  mengungkapkan peluang UMKM untuk berkembang pada era sekararang sangat terbuka lebar. “ Semua sudah serba digital, pemasaran bisa lebih luas. Ini salah satu faktor pendorong berkembangnya UMKM” ucapnya.

Yeni menuturkan perhatian pemerintah terhadap UMKM sudah cukup baik. Hal ini dibuktikan dengan berbagai pelatihan, pameran dan berbagai bantuan yang diberikan terhadap sektor usaha ini.

BACA JUGA:  RS Sultan Suriansyah Gagal Dapat Bantuan Pemerintah Pusat

Himpmikindo Kalsel juga berharap geliat perkembangan UMKM Banua ini juga didukung oleh sektor perbankan dan lembaga keuangan lain sehingga kebutuhan modal mereka dapat tercukupi. “ Ada kebijakan dari sektor keuangan yang dapat memenuhi kebutuhan modal mereka agar dapat lebih mengembangan usaha UMKM” harap Yeni.

Editir : Didin Ariyadi

Foto : Dokumentasi Wartaniaga

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *