Loading...
13 views

Distanhorbun Tanah Laut Sosialisasikan STDB

Loading...

Wartaniaga.com, Pelaihari – Untuk mensosialisasikan Surat Tanda Daftar Usaha Budidaya (STDB) Kelapa Sawit, Dinas Tanaman Pangan Hortikurtura dan Perkebunan ( DISTANHORBUN ) Kab. Tanah Laut mengadakan pertemuan dengan para petani dan penyuluh di Aula Unit Pelayanan Teknis Balai Penyuluh Pertanian ( UPT BPP ) Kec. Pelaihari ( 29/7 ), guna mengatur dan membantu pertumbuhan perkebunan sawit milik pekebunan kecil seperti petani .

Kepala DISTANHORBUN Kab. Tanah Laut Ir. Akhmad Mustahdi mengatakan apabila petani sudah memiliki STDB maka petani akan mudah untuk menjual hasil panennya ke pabrik, disamping untuk memudahkan pemerintah untuk mengetahui kondisi petani, luas kebun serta produksinya.

Selain sosialisasi mengenai STDB, pemerintah melalui Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) akan memberikan dana replanting sebesar Rp 25 juta per hektar kepada para petani, dana replanting tersebut  hanya akan di berikan kepada petani yang mempunya lahan seluas 4 hektar . ”Kalau misalkan tanahnya ada 6 hektar, maka kita akan beri 4 hektar saja Rp 25 juta per hektar selebihnya petani usaha sendiri “ .

BACA JUGA:  DPRD HSS “Vacum” Lantaran Alat Kelengkapan Tidak Terbentuk

Dana replanting itu nantinya akan di gunakan untuk persiapan meremajakan lahan, termasuk pembersihan sisa tanaman lama. Selain itu dana replanting juga di fokuskan untuk pembelian bibit sawit unggul .

Pemerintah secara serius akan membantu petani kecil yang mau melakukan replanting, sebab replanting sangat penting untuk menunjang produktivitas sawit yang pada akhirnya akan menaikkan pendapatan para petani, demikian tutur Akhmad.

Hadir dalam kegiatan tersebut Kepala UPT BPP Kec. Pelaihari H.Saidillah Sp. Kasi Produksi Bidang Perkebunan DISTANHORBUN Kab. Tanah Laut Edi Hariadi,Sp sebagai narasumber, dan Penyuluh Pertanian dan Perkebunan Kec. Pelaihari.

 

Reporter : Tony Widodo

Editor : Riyatin

Foto : Tony Widodo

Loading...
Facebook Comments
Loading...
BACA JUGA:  Balangan Perlu Perubahan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.