logo wartaniaga

Sandi : Kalsel Bisa Jadi Lumbung Pangan dan Energi

Wartaniaga.com,Banjarmasin- Calon wakil Presiden, Sandiaga Uno mengatakan Kalimantan Selatan (Kalsel) bukan saja memiliki sumber daya alam (SDA) yang melimpah tetapi juga hasil perkebunan dan pangannya juga banyak. Demikian diungkapkannya kepada wartawan di Banjarmasin, Sabtu (10/11).

Menurtnya, sudah saatnya Kalsel fokus pada indutrialisasi lintas sektor untuk menigkatkan nilai tambah pada produk hasil daerah yang potensial.

“ Kalau selama ini kita hanya mengekspor berupa bahan mentah, maka saatnya kita mengubah cara itu yakni dengan memberi nilai tambah pada produk tersebut atau diolah langsung menjadi bahan jadi” kata mantan wakil gubernur DKI Jakarta ini.

Dikatakan Sandi, banyaknya sumber energi dan pangan yang terdapat di Kalsel merupakan salah satu potensi yang dapat dikembangkan. “ Kalsel bisa menjadi lumbung energi sekaligus lumbung  pangan jika sudah potensi itu dikembangkan secara lebih baik”  tutur mantan Wakil Ketua Umum Kadin Indonesia ini.

BACA JUGA:  Muhammad Siap Membangun Ekonomi Banua

Selain itu, sambungnya daerah ini juga memiliki potensi wisata yang dapat menjadi sumber pendapatan asli daerah. “ Ada wisata religi, barusan tadi saya ke sana, wisata shoping di Martapura serta pasar terapung yang sudah terkenal di mana-mana adalah contoh potensi wisata daerah yang dapat dikembangkan lagi” ujarnya.

Dirinya optomis kondisi ekonomi akan bangkit lagi, asal saja pemerintah dan pengusaha benar-benar fokus pada akar permasalahan.

“ Pemerintah harus kuat dan fokus pada akar pemasalahan ekonomi serta merealisasikan potensi yang dimiliki Kalsel” papar pemilik Saratoga Investama Sedaya ini .

Reporter : Fathur Rahman

Editor : Didin Ariyadi

Foto : Fathur Rahman

 

One thought on “Sandi : Kalsel Bisa Jadi Lumbung Pangan dan Energi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *