Mengenal Marketplace, Pasar Terbesar di Indonesia

  • Whatsapp
Johny Males saat memberikan materi workshop di hadapan pengusaha online Banjarmasin

Wartaniaga.com,Banjarmasin- Perkembangan bisnis ecommerce di Indonesia dalam 5 tahun terakhir sangat pesat, terutama markerplace. Sebut saja, Tokopedia, Bukalapak, Shopee, Lazada dan lainnya menjadi pasar potensial bagi siapa saja untuk jual beli secara online. Maka peluang menjadi pelaku bisnis di marketplace saat ini terbuka lebar, demikian dikatakan Bryan Aga Murida pakar marketplace Indonesia.

Menurutnya, untuk menjadi pelaku usaha di marketplace tidak perlu modal besar dan keahlian, bahkan cuma bermodalkan handphone sudah bisa memiliki 2 sampai 3 toko.

Muat Lebih

“ Anda punya handphone dan email, dalam waktu 5 menit sudah bisa membuat 3 buah toko di pasar yang berbeda, tidak perlu ahli, cukup ikuti cara yang ditunjukan di sana, ya semudah anda membuat sosial media saja”  jelas pria yang lebih dikenal dengan Johny Males ini.

BACA JUGA:  Benelli Tawarkan Motor Sport Bernuansa Klasik

Bukan itu saja, dirinya juga mengungkapkan bahwa jauh lebih murah membangun bisnis di marketplace dibandingkan dengan membangun usaha di pasar konvensional.

“ Perlu dana ratusan juta jika kita ingin memiliki toko di pasar konvensional, belum lagi stok barang dan waktu yang kita alokasikan lebih banyak karena toko di pasar harus dijaga, sementara di marketplace modal kecil, tidak perlu stok barang dan akan buka 24 jam tanpa harus ditunggu” terangnya kepada wartaniaga.com disela-sela memberikan pelatihan kepada 24 pengusaha online di Banjarmasin, akhir pekan tadi.

Lebih dari itu, sambung Johny pasar untuk marketplace sangat luas bukan saja Indonesia tetapi dunia. Jadi, pasar konvensional terbesar di Indonesia  tidak dapat mengalahkan pasar di marketplace. “ Sayang kalau peluang ini tidak dimanfaatkan” ujarnya

BACA JUGA:  PDAM Sediakan 1200 Paket Sembako Murah untuk MBR

Ditambahkan pria asal  jogyakarta ini, barang yang kita jual tidak harus milik sendiri. Bisa saja bekerjasama dengan produsen lokal atau membeli dari sesama penjual di marketplace atau biasa disebut dropship.

Dirinya menyebutkan, dalam satu hari pengunjung salah satu marketplace mencapai puluhan juta orang. “ Bayangkan jika anda memiliki 3 toko, masing-masing 1 di Tokopedia, Bukalapak dan Shoppe, maka akan ada ribuan orang yang menjadi potensi pembeli anda” katanya seraya menambahkan sudah lebih dari 50 persen penduduk Indonesia terkoneksi internet dan ini peluang besar, mudah, murah dan potensial.

Pada workshop yang diselengarakannya, Johny mengungkapkan berbagai trik dan strategi bagaimana menjadi pedagangan besar dalam waktu hanya 1 minggu, trik mendapatkan 100 orderan hanya dalam waktu 3 hari, memasang harga tinggi tetapi tetap laku, memenangkan halaman pertama di market place dan membongkar seluk beluk marketplace dengan ratusan potensi profitnya.

BACA JUGA:  Ini Kata Erick Thohir Bila Ingin Sukses Jadi Pengusaha

Penulis :Didin Ariyadi

Foto : Didin Ariyadi

Pos terkait