Mendekati Bulan Puasa, Harga Bawang Naik 50 persen

  • Whatsapp
L

Wartaniaga.com, Banjarmasin-Mendekati  bulan puasa yang tinggal 1 bulan lebih, harga bawang merah dan putih sudah mulai merangkak naik. Tidak tangung-tanggung, kenaikannya sudah mencapai hingga 50 persen.

Pantauan wartaniaga.com dikawasan Pasar Lima Kota Banjarmasin. harga bawang bawang putih dijual berkisar   Rp 30 ribuan perkilo yang  sebelumnya hanya seharga Rp. 20.000. Sedangkan bawang merah dijual dengan harga Rp. 33.000,- sebelumnya dijual dengan harga Rp. 25.000. Sementara untuk harga gula dan bahan pokok rumah tangga lainnya harga terpantau masih stabil.

Muat Lebih

BACA JUGA:  Mah Sajajar Bagikan Daging Qurban Kepada Masyarakat

Kenaikan harga bawang inipun menimbulkan berbagai pertanyaan klasik, terutama pada pedagang itu sendiri dimana pedagang mengambil bahan bumbu masak itu dari agen bawang. “Yang saya tahu bawang itu dari Jawa, dan mungkin karena terkendala pengiriman seperti yang sudah terjadi lalu. Tapi ini biasanya tidak berlangsung lama,” ucap Rusmin, salah satu pedagang Bawang di Pasar Lima.

Sementara menurut Gatot, Kepala Bidang Perdagangan, Dinas Perdagangan Kota Banjarmasin, kenaikan harga bawang merah dan putih ini disebabkan di daerah penghasil bawang merah dan putih mengalami gagal panen akibat banjir.

“Untuk harga bawang memang saat ini mengalami kenaikan, karena di daerah penghasil bawang mengalami gagal panen,” ujanya.

BACA JUGA:  Rekayasa Lalin Hadapi Kemacetan

Dirinya berharap kenaikan harga ini tidak berlangsung lama  dan  segera norma kembali mengingat tidak lama lagi akan memasuki bulan puasa, dimana kebutuhan bahan pokok termasuk bawang bahan bumbu masak ini di bulan itu sangat banyak. “Mudahan ini secepatnya bisa kembali normal,” harapnya.

Reporter : Hamdani

Editor : Didin Ariyadi

Foto : Hamdani

L

Pos terkait