UPTD Puskesmas Awayan Luncurkan Inovasi Bakula

UPTD Puskesmas Awayan memberikan pelayanan kesehatan kepada warga

Wartaniaga.com, Paringin – UPTD Puskesmas Awayan melaksanakan program kesehatan Bakunjung Kulawarga (Bakula) Awayan.

Kegiatan ini dilaksanakan untuk memberikan laporan kinerja puskesmas serta peluncuran inovasi Bakula.

Bakula merupakan pelayanan yang diperuntukkan kepada pasien yang memiliki keterbatasan untuk pergi ke pusat pelayanan kesehatan, sebaliknya petugas mendatangi untuk memberikan pelayanan ke rumah.

Pelayanan ‘Bakula’ diberikan secara gratis kepada masyarakat Balangan yang membutuhkan pelayanan kesehatan.

Program ‘Bakula’ dijalankan langsung oleh dokter puskesmas dengan petugas pendamping dari berbagai disiplin ilmu.

Kecamatan Awayan diketahui memiliki 23 desa dengan akses yang terbatas. Dengan luasnya wilayah menyebabkan ada beberapa warga yang mengalami kesulitan akses kesehatan terutama bagi warga yang lanjut usia, disabilitas dan penderita pasca rujukan.

Mereka inilah yang perlu dikunjungi oleh tim kesehatan untuk mendapatkan pengobatan.

Sejak dijalanknnya inovasi Bakula ini sejak tahun 2022 banyak perubahan yang didapat, di antaranya yaitu meningkatnya pencapaian target kinerja Puskesmas terkait Program Pelayanan SPM yaitu pelayanan kesehatan bagi penderita hipertensi sebesar 85% dan DM sebesar 53% serta pelayanan kesehatan bagi usia lanjut sebanyak 100%.

Kemudian, bertambahnya data kunjungan rumah yang sebelumnya rendah setelah adanya inovasi lebih meningkat sekitar kurang lebih 200 individu dan keluarga

Memudahkan pelayanan kesehatan yang terintegrasi dengan program puskesmas yang lain memerlukan tindak lanjut kunjungan rumah.

Keunggulan dari inovasi Bakula adalah terbukanya akses pelayanan kesehatan yang belum terjangkau dan terintegrasinya program puskesmas yang terlibat langsung serta memudahkan akses karena bisa melaporkan melalui Aplikasi WA baik Group maupun Pribadi .

Inovasi ini sendiri didukung penuh pemerintah daerah melalui anggaran Home care selalu ada setiap tahun, pengadaan alat dan bahan kesehatan khusus Inovasi , penambahan armada mobil operasional dan kendaraaan roda 2 bagi Penanggung jawab program.

Reporter : Siti Nurjanah
Editor :Aditya

Pos terkait

banner 468x60