Peserta Seleksi SIPSS Polda Kalsel Jalani Tes CAT Akademik

Polda Kalsel seleksi SIPSS TA.2024 di General Building Library ULM Banjarmasin (Foto;Humas Polda)

Wartaniaga.com, Banjarmasin – Polda Kalimantan Selatan (Kalsel) menggelar tes Computer Assisted Test (CAT) Akademik sebagai salah satu tahap seleksi penerimaan calon siswa Sekolah Inspektur Polisi Sumber Sarjana (SIPSS) tahun anggaran 2024. Kegiatan ini dilaksanakan di General Building Library ULM Banjarmasin.

Kegiatan tersebut dipantau langsung Karo SDM Polda Kalsel Kombes Pol Muhammad Arif Sugiarto, SIK MPP MH, didampingi Dir Intelkam Polda Kalsel Sentot Adi Darmawan, SIK MH, Senin (22/1).

Delapan (8) calon siswa dari berbagai latar belakang pendidikan turut mengikuti tes ini, dengan harapan dapat menjadi bagian dari angkatan siswa SIPSS pada tahun ini.

Tes CAT Akademik ini menjadi salah satu penentu kriteria seleksi yang ketat untuk masuk ke dalam institusi pendidikan tinggi dikepolisian.

Kapolda Kalsel Irjen Pol Winarto, SIK MH melalui Kabid Humas Polda Kalsel Kombes Pol Adam Erwindi, SIK MH ditempat terpisah menyampaikan bahwa, proses seleksi yang ketat ini bertujuan untuk memastikan bahwa calon siswa yang diterima memiliki kemampuan akademik yang memadai dan kompetensi lainnya yang diperlukan untuk menjadi seorang inspektur polisi yang berkualitas.

“Seleksi ini merupakan langkah awal menuju pembentukan angkatan siswa SIPSS yang handal dan siap menghadapi tantangan di dunia kepolisian. Kami berharap calon siswa yang lolos seleksi ini nantinya dapat memberikan kontribusi positif dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat,” kata Kombes Pol Adam Erwindi.

Tes CAT Akademik ini lanjutnya mencakup berbagai materi seperti pengetahuan umum, logika, bahasa Inggris, dan mata pelajaran lain yang relevan dengan tugas-tugas seorang inspektur polisi.

“Proses seleksi ini akan melibatkan beberapa tahap, termasuk wawancara dan uji fisik, untuk memastikan bahwa calon siswa SIPSS memiliki kemampuan dan kualifikasi yang komprehensif,” tambahnya.

Proses seleksi ini menjadi bagian dari upaya Polda Kalsel dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia di kepolisian, sehingga dapat memberikan pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat.

Seluruh proses seleksi diawasi dengan ketat untuk memastikan keadilan dan transparansi dalam penerimaan calon siswa SIPSS.

Setelah tahap tes CAT Akademik, calon siswa yang lolos akan melanjutkan ke tahap-tahap seleksi berikutnya. Polda Kalsel berharap melalui proses seleksi yang ketat ini, akan dihasilkan generasi inspektur polisi yang berkualitas dan siap menjalankan tugas dengan profesionalitas tinggi.

Editor: Eddy Dharmawan

Pos terkait

banner 468x60