Masa Pemadanan NIK-NPWP Diperpanjang Hingga 30 Juni 2024

Kakanwil DJP Kalselteng Syamsinar saat memberikan keterangan pers usai Media Gathering (Foto:Ist)

Wartaniaga.com, Banjarmasin – Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Wilayah Kalseteng mengumumkan perpanjangan masa Pemadanan NIK menjadi NPWP hingga 30 Juni 2024 atau rentang waktu 6 bulan.

Untuk itu, Kepala Kantor Wilayah DJP Kalselteng Syamsinar mengingatkan agar segera memadankannya baik secara mandiri atau mendatangi kantor perwakilan DJP setempat.

“Untuk Wajib Pajak Orang Pribadi WNI DJP Kalseteng sebanyak 1.802.872 orang, yang sudah valid 1.462.750 orang atau 81% dan yang belum valid 340.120 orang atau 19% yang belum melakukan pemadanan,” ungkap Syamsinar usai acara Media Gathering, Banjarmasin, Rabu (17/1).

Ia berharap dengan adanya perpanjangan masa pemadanan ini yaitu sampai akhir Juni 2024, wajib pajak bisa melakukan pemadanan baik secara mandiri ataupun nanti akan dipadankan di kantor apabila datanya valid.

Untuk mengetahui apakah NPWP sudah valid atau belum bagaimana caranya ?.

“Sewaktu melaporkan SPT ada login, kemudian password dan disitu ada notifikasi apakah NPWP itu sudah valid atau belum. Bila belum valid akan diberitahu notif bahwa NPWP anda belum valid,” jelas Syamsinar.

Bagi wajib pajak yang belum valid lanjutnya, maka dia tidak akan bisa melakukan pemenuhan kewajiban pajaknya dan juga proses dengan perpajakan lainnya.

“Akibatnya, wajib pajak tidak bisa lapor SPT, tiad bisa mengklaim kredit pajaknya yang dipotong oleh pihak lain dan tentunya mengganggu proses perpajakan dirinya,” tandasnya.

Editor: Eddy Dharmawan

Pos terkait

banner 468x60