BPN HSU Canangkan Program Gemapatas

Wartaniaga.com, Amuntai-Kantor Pertanahan Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) mencanangkan pemasangan sebanyak 1000 patok atau batas tanah melalui Gerakan Masyarakat Pemasangan Tanda Batas (Gemapatas).

Hal tersebut dilaksanakan sebagai tindak lanjut dari kegiatan 1 juta patok tanah serentak di seluruh Indonesia oleh Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN).

Bacaan Lainnya
banner 300x250

Adapun pada pemasangan 1000 patok di HSU ditandai dengan pemasangan patok aset pemerintah daerah oleh Penjabat (Pj) Bupati HSU Raden Suria Fadliansyah bersama unsur Forkopimda di halaman Kantor Camat Haur Gading, Jumat (3/2)

Kepala Kantor Pertanahan HSU, Sofia Rachman mengatakan, Gemapatas di HSU dilaksanakan pada dua desa yang ada di Kecamatan Haur Gading, yakni desa palimbangan sari dan desa sungai limas.

“Di dua desa ini kita laksanakan pengukuran peta bidang tanah desa lengkap khusus untuk luar Jawa, dan hari ini kita memasang 1000 patok atau batas tanah yang dipasang secara mandiri oleh masyarakat,” ujarnya.

Selain itu ia menyebut, perlunya pemasangan patok atau batas tanah agar dapat memastikan kepemilikan tanah, untuk mempermudah petugas pada saat pengukuran tanah, dan untuk menghindari terjadinya sengketa.

Pos terkait

banner 468x60