Tabalong Juara Umum PeSODa Kalsel 2022

Kadispora Kalsel, Hermansyah berikan piagam terhadap semua perwakilan kontingen saat penutupan PeSODA Kalsel 2022

Wartaniaga.com, Banjarbaru – Kontingen Special Olympics Indonesia (SOIna) Kabupaten Tabalong sukses menjadi juara umum pada Pekan Special Olympic Daerah (PeSODa) tingkat Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) yang digelar di Banjarbaru, 15-16 November 2022.

Tabalong menjadi yang terbaik setelah mengumpulkan 7 medali emas, 1 perak, dan 2 perunggu. Torehan tersebut mengungguli kabupaten Banjar yang berhasil mengumpulkan 6 emas, 4 perak dan 10 perunggu.

Bacaan Lainnya
banner 300x250

Sementara di peringkat ketiga, ada Kabupaten Tanah Laut yang sukses merangkum 4 medali emas, 5 perak, dan 1 perunggu.

Kabid Olahraga Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Tabalong, Rahmanto mengatakan, keberhasilan anak asuhnya menjadi juara umum pada gelaran ini menunjukkan perkembangan positif terhadap pembinaan atlet-atlet SOIna kabupaten Tabalong.

“Kami bersyukur atas hasil ini, dimana ada peningkatan. Sebelumnya kita hanya berada di peringkat ketiga, Alhamdulillah sekarang jadi juara,” ucapnya.

Rahmanto menambahkan, pihaknya memang mempersiapkan diri di beberapa nomor perorangan, terutama atletik dan bola bocce.

“Jadi memang target kami di nomor perorangan. Untuk beregu kami tetap persiapkan, walaupun kita tidak berekspektasi tinggi,” tandasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kalsel, Hermansyah mengatakan, gelaran PeSODa ini merupakan wadah untuk menjaring atlet-atlet SOIna yang akan membawa harum nama Kalimantan Selatan di event nasional maupun internasional.

“Mereka ini adalah orang hebat untuk membawa Kalsel lebih hebat lagi. Apalagi tahun depan ada atlet kita yang akan bertolak ke Jerman untuk membela Indonesia,” ucapnya.

Lebih lanjut, Hermasyah menegaskan Pemerintah daerah akan terus memberikan dukungan terhadap SOIna, dengan melakukan pembinaan dan memberikan pendanaan melalui dana hibah yang dikucurkan setiap tahun.

“Sesuai dengan fungsi fasilitator yang dilakukan pemerintah daerah, kita akan terus lakukan pembinaan,” pungkasnya.

Pekan Special Olympic Daerah (PeSODa) ini diikuti 199 Atlet dari 10 Kabupaten kota se-Kalsel. Mereka saling bersaing di 8 cabang olahraga yakni bola voli, atletik, bola bocce, bulu tangkis, tenis meja, senam ritmik, dan renang.

Editor : Ahmad Yani

Pos terkait

banner 468x60