Azizah, Deklamator Puisi Bercita-cita Jadi Kowad

  • Whatsapp
L

Wartaniaga.com, Banjarbaru – Penampilan Al Azizah Azha Servina atau biasa dipanggil Azizah saat Festival Leterasi 2022 di halaman Balai Kota Banjarbaru, memukau lebih dari 2000 pelajar dan para Forkopimda dalam membawakan puisinya.

Azizah adalah anak ketiga dari lima bersaudara. Ia lahir di Martapura pada tanggal 1 Maret 2006 atau 16 tahun yang lalu. Saat ini dia masih menjadi seorang pelajar di SMA Negeri 1 Banjarbaru kelas XI jurusan MIPA.

Muat Lebih

Ia mulai menyukai dunia sastra dibidang baca puisi sejak duduk dibangku kelas 5 SD, berbagai macam lomba puisi. Lomba pusi yang pertama diiukutinya yaitu lomba Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) dan meraih juara 1 sekota Banjarbaru pada tahun 2017.

BACA JUGA:  Karhutla Berdampak Rusak Ekosistem Lahan Basah

Sejak saat itu, Azizah makin tumbuh lebih besar kepercayaan dari dan semangatnya untuk lebih bisa berkarya dalam ajang lomba-lomba baca puisi sampai dengan sekarang ini.

Ini adalah sederetan prestasi yang diraih Azizah dalam berbagai lomba membaca puisi :

• Juara 1 lomba baca puisi FLS2N se-Kota Banjarbaru tahun 2017
• Juara 2 lomba baca puisi book fair katagori pelajar Se-Kalsel tahun 2020
• Juara 3 lomba baca puisi tingkat SMP sederajat Se-Kalsel tahun 2020
• Juara 1 lomba baca puisi dalam ajang Salimah Contest se-kalsel tahun 2020
• Juara harapan 1 lomba sayembara puisi garnita Malahayati tingkat Nasional tahun 2020
• Juara 1 Lomba membaca puisi tingkat Nasional tahun 2021
• Terbaik 2 baca puisi tingkat Nasional 2021
• Juara 2 lomba baca puisi bulan Bung Karno Se-Kalsel tahun 2021
• Juara Utama 1 lomba baca puisi hari Kebangkitan Nasional se-Kalsel 2022
• Juara harapai 1 lomba baca puisi FSL2N – SMA sederajat tahun 2022
• Juara 2 lomba baca puisi piala Paman Birin se-Kalsel tahun 2022
• Juara 1 lomba Deklamasi puisi MTQ putri SMA se-Kalsel tahun 2022
• Juara 1 lomba Puitisasi MTQ putri pelajar tingkat SMA sederajat se-Kalsel tahun 2022

BACA JUGA:  Ketua DPRD Kalsel Apresiasi Pemberian Gelar Doktor HC Kepada Paman Birin

Azizah yang lebih dominan mendedikasikan dirinya dalam lomba baca puisi, deklamasi puisi atau puitisasi Alqur’an tetapi ia juga sering mengikuti lomba-lomba lainnya seperti Pidato, Bakisah atau Bercerita.

Saat tampil di FL azizah membacakan puitisasi Alqur’an, “Dimana suatu puisi itu diciptakan oleh berlandaskan dengan Alqur’an,”ujarnya kepada Wartaniaga usai penampilannya di acara FL.

Kebetulan tema puisi yang dibacanya tadi tentang surah Al-Alaq yaitu dimana manusia disuruh membaca. “Dalam arti bukan saja membaca Alqur’an tetapi juga membaca ilmu,”terangnya.

Anak dari ayah seorang pengrajin perak dan ibu rumah tangga ini, bercita-cita ingin menjadi Korps Wanita Angkatan Darat (Kowad). “Menjadi Kowad adalah cita-cita sedari kecil, selain itu juga ingin membanggakan kedua orang tua dan ingin membuktikan bahwa perempuan juga bisa menjadi pelindung Negara dengan ketangkasan dan kecerdasannya,”ungkap Azizah.

BACA JUGA:  Tingkatkan Semangat dan Etos Kerja, SMA Islam Sabilal Muhtadin Gelar Lokakarya

Untuk mendukung cita-citanya ini, selain selalu meningkatkan nilai pelajaran disekolahnya, ia juga suka berolahraga terutama beladri (karete), baseball dan juga olahraga Bina Phisik setiap minggunya.

Azizah berpesan untuk teman diluar sana terutama sesama generasi muda agar lebih giat lagi belajar. Belajar, mengejar prestasi dan kembangkan bakat dibidang yang kita minati, terus berusaha meraih impian .

“Karena saya yakin, tidak akan ada usaha yang mengkhianati hasil agar kedepannya kita bisa menjadi generasi muda yang akan membanggakan keluarga, bangsa dan Negara,”pungkasnya.

Editor : Eddy Dharmawan

L

Pos terkait