Sandiaga : Yuk Beli Produk Purunque

  • Whatsapp
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno bersama Gunernur Kalsel, H Sahbirin Noor

Wartaniaga.com, Banjarmasin- ” Beli produk ini purunque ” demikian ajakan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno saat mengunjungisalah satu both (stand pameran) Pokmas (Program Kerja Masyarakat) yang Maju Bersama Desa Haur Gang Kec.Haur Gading Kab.HSU di Duta Mall, Banjarmasin, Selasa (12/7).

Pada kunjungan itu, Sandiaga mendapat penjelasan dari Ketua Kelompok Maju Bersama Haur Gading Norhalimah.

Menurut Norhalimah, produk andalan meraka yaitu ” Purunque” produk ini merupakan hasil olahan anyaman purun yang dibuat menjadi berbagai pruduk seperti tas, tikar, tempat arsip, topi, hiasan dinding dan lain lain.

Anyaman purun Desa Haurgading yang sebelumnya hanya dalam bentuk bakul dan tikar purun , kini setelah pengrajin tergabung dalam kelompok kerajinan purun maju bersama, produk anyaman purun menjadi semakin beragam dan ramah lingkungan, desain bentuk poduk kerajinan yang lebih stylish seperti berbagai model tas anyaman dengan desain modern dan berbagai motif, home dekor dan berbagai macam produk lainnya demi memenuhi kebutuhan konsumen yang terus meningkat.

BACA JUGA:  Stok Minyak Goreng Kosong di Beberapa Retail, ini Kata Disdag Banjarbaru

Purunque merupakan produk yang telah lulus seleksi dari 6571 yang berasal dari 16 daerah se indonesia sehingga berkesempatan mengikuti Pemeran Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) tahun 2022 di Duta Mall Banjarmasin yang diselenggarakan dari tanggal 11 sampai dengan 13 Juli 2022.

Seperti yang diketahui Program Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) adalah program unggulan pengembangan ekonomi kreatif melalui peningkatan kapasitas dan pameran para pelaku ekonomi kreatif pada subsektor kuliner, kriya, fesyen, aplikasi, film, dan musik.

Hal ini senada dengan arah kebijakan Gubernur Kalimantan Selatan H. Sahbirin Noor yang mengharapkan melalui program ini mampu menciptakan lapangan kerja di banua khususnya bagi pelaku ekonomi kreatif yang ada di Provinsi Kalimantan Selatan.

BACA JUGA:  Hiswana Migas Keluhkan Kuota BBM Kalsel

Menteri Pariwisata dan Ekomomi Kreatif RI Sandiaga Uno dalam kesempatan itu menyampaikan kegiatan seperti ini harus didukung untuk generasi muda ke depannya sehingga nantinya akan bermunculan para usahawan dan pelaku ekonomi kreatif yang handal serta berjiwa saing tinggi di tengah dunia perdangan global seperti saat ini.

L

Pos terkait