Bakeuda Kalsel Sebut Banyak Perusahaan Tidak Patuh Bayar Pajak Air Permukaan

  • Whatsapp

Wartaniaga.com, Banjarmasin- Sejumlah perusahaan di Kalimantan Selatan masih banyak terdapat belum taat membayar Pajak Air Permukaan.

Plt Kepala Badan Keuangan Daerah Provinsi Kalimantan Selatan (Bakeuda Kalsel), Dinansyah menjelaskan kurang lebih 351 perusahaan yang ada di Kalimantan Selatan, hanya beberapa perusahaan saja yang taat membayar Pajak Air Permukaan.

“Kurang lebih 351 perusahaan yang terdata, hanya sekitar 73 perusahaan patuh membayar Pajak Air Permukaan,” ucapnya saat melakukan Rapat dengan Komisi II DPRD Kalsel, Jumat (1/7).

Ia mengatakan Bakeuda Kalsel langsung jemput bola kepada perusahaan-perusahaan untuk sosialisasi dan penarikan Pajak Air Permukaan.

“Kami sering tidak tidak diberikan akses masuk oleh perusahaan,” ujarnya.

Ia mengatakan, selain akses masuk yang sulit, terdapat juga berbagai kendala seperti tidak memiliki akses peralatan lengkap dan perusahaan juga belum memiliki Surat Izin Pemanfaatan Air ( SIPA).

BACA JUGA:  H-3 Harga Tiket Meroket

Kendati demikian, pihaknya terus berusaha maksimal dalam melakukan penarikan Pajak Air Permukaan, walaupun perusahaan belum memiliki izin.

Lanjut, terdapat juga perusahaan yang taat membayar Pajak Air Permukaan meskipun belum memiliki SIPA, Namun ada juga perusahaan yang memiliki SIPA tapi belum membayar pajak.

“Siapapun perusahaan yang bergerak, otomatis kami akan menarik pajak, Walaupun tidak punya atau punya izin SIPA,” tegasnya.

L

Pos terkait